Ratusan Ontelis Asing Akan Ke Probolinggo

996

Probolinggo (wartabromo.com) – Ratusan ontelis dari berbagai negara akan singgah di Kabupaten Probolinggo pada 4-5 April 2018 mendatang. Mereka merupakan peserta even reli sepeda tua dan ontel internasional menjelang kongres International Veteran Cycle Association (IVCA) di Bali.

Menurut Penasehat Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Jawa Timur, Mohamad Haris Damanhuri, kirab estafet IVCA dimulai dari Pantai Anyer (Banten) pada pada 24 Maret 2018. Sekitar 300 ontelis asing, didukung oleh anggota KOSTI sebanyak 5.000 orang, akan menuju Pantai Sanur (Bali). Diperkirakan jarak ke pantai ini sejauh 1.200 kilometer dan akan datang pada 14 April 2018.

“Untuk Jawa Timur, akan dimulai sejak memasuki Kabupaten Tuban dengan menyusuri jalur Pantura hingga ke Banyuwangi. Di setiap daerah yang dilintasi, minimal ada dua ontelis yang akan bergabung menuju Bali,” ujar Mohamad Haris Damanhuri, Jumat (23/3/2017).

Baca Juga :   Timbulkan Kerusakan, Warga Pesambon Blokade Jalan Galian C

Pria yang juga pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong ini, memperkirakan pada awal April, rombongan ontelis dari berbagai negara itu memasuki wilayah Jawa Timur. Setelah beristirahat di Surabaya, pada 4 April 2018 sore, para pecinta sepeda kuno itu, sudah memasuki Probolinggo. Mereka akan bermalam di Pesantren Genggong sebelum dilepas menuju Bali pada keesokan harinya.

“Disini kami akan melakukan doa bersama, agar seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung sukses. Selain doa bersama, kami juga akan mengenalkan kultur dan Jawa Timur, khususnya Probolinggo,” kata pria yang akrab dipanggil Gus Haris ini.

Event IVCA yang akan menginjak 37 tahun ini dipusatkan di Denpasar dan Ubud, Gianyar dengan berbagai event. Seperti, Kirab estafet IVCA dati Pantai Anyer (Banten) menuju Pantai Sanur (Bali) sejauh 1.200 KM pada 29 Maret – 14 April 2018. Kemudian ada Pameran Sepedanesia di Hotel Inna Grand Bali Beach pada 12-16 April 2018, Anniversary 10 Tahun KOSTI di Matahari Terbit, Sanur pada 14 April 2018. Selain itu ada Festival Kampung Jadul di Pantai Matahari Terbit pada 14-15 April 2018 dan pemecahan Rekor Guinnes Book of Record di Lapangan Renon pada 15 April 2018. (saw/saw)