Rumah di Wonoasih Dilalap Api saat Pemilik Asik Bercengkrama di Teras

1092

Probolinggo (wartabromo.com) – Percikan api membakar rumah di Perumahan Sumber Taman Indah, Kelurahan Sumber Taman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo Selasa (27/3/2018) malam. Beruntung, meski rumah hangus terbakar, keluarga yang tengah santai dan bercengkrama, selamat dari amukan api.

Menurut Edi Sofyan, pemilik rumah, saat itu ia bersama ketiga anaknya sedang bersantai di beranda rumah. Saat asyik bercengkrama itulah, terdengar bunyi percikan api dan bau hangus di belakang rumahnya. Setelah dilihat ternyata api sudah membesar. “Nggak tahu darimana awalnya, tiba-tiba di belakang rumah sudah muncul api besar,” tutur Sofyan.

Bersama anggota keluarga lain, Sofyan berusaha memadamkan api itu dengan alat manual. Namun upaya pemadaman pertama oleh Sofyan tak mampu menjinakkan amukan si jago merah. Tak ingin keselamatan keluargannya terancam, ia kemudian membawa anaknya keluar rumah. Ia juga berteriak meminta tolong kepada warga sekitar.

Baca Juga :   Didominasi Roda 2, Pelanggaran Lalin di Kabupaten Probolinggo Naik 144%

Teriakan minta tolong adanya kebakaran juga dilakukan Rusmi, tetangga Sofyan. Sebab, ia juga khawatir si jago merah juga mengamuk ke rumahnya yang berada di sebelah rumah Sofyan.

‘Saat itu saya mau sholat, kok terdengar suara gemericik gitu di sebelah, terus tak lihat, ternyata ada asap. Kemudian dari atas atap rumah pak Sofyan, terus saya minta tolong sama tetangga,” kata Rusmi.

Warga sekitar kemudian melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya. Tak berapa lama, mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Probolinggo datang memberikan pertolongan. Setelah berusaha dengan keras, akhirnya api itu berhasil dijinakkan
Meski tak menimbulkan korban jiwa, akibat kebakaran ini, pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga :   Trailer Melintang, Jalur Probolinggo-Lumajang Macet Total

“Masih belum bisa memastikan dari mana sumber api itu muncul, mas. Ini anggota masih dalam proses penyelidikan,” kata Kapolsek Wonoasih, AKP. Sukatno. (fng/saw)