Oven Pengering Konslet Diduga Penyebab Terbakarnya Pabrik Krupuk di Gempol

1002

Gempol (wartabromo.com) – Kebakaran landa pabrik krupuk di Dusun Pelem, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (31/3/2018). Diduga konslet listrik di salah satu oven pengering krupuk, penyebab terjadinya kebakaran.

Seorang karyawan, Wijaya menyebutkan, bila aktifitas dalam pabrik, masih seperti biasanya. Tidak ada perkiraan sebelumnya, hingga karyawan termasuk di shift 2 tersebut, tetap bekerja mulai menata bahan hingga mengeringkan bahan krupuk ke dalam oven.

Tapi tanpa diduga-duga, salah satu oven pengering memercikkan api dan langsung membakar krupuk mentah dalam oven. Upaya pemadaman belum sempat dilakukan, api sudah menjalar dan terus membesar.

“10 Oven pengering krupuk terbakar,” ujar Wijaya.

Karyawan pun panik. Beberapa lainnya berinisiatif mencoba memadamkan api, meskipun gagal karena minimnya peralatan yang digunakan. Sampai akhirnya sebuah ledakan di salah satu oven, membuat karyawan ketakutan, menjauhi areal pabrik terbakar.

Baca Juga :   Jelang Pileg, Pemilik Gudang Bondet di Pasuruan Diringkus

Api terus menjalar ke sisi utara pabrik dan membakar seluruh isi dalam pabrik. Tumpukan krupuk yang berada di ruang Mawar pun terkena rambatan api yang saat itu terus membesar. Hampir 2 ton krupuk cap sapi siap kirim, diperkirakan ludes dilalap sibjago merah

Sampai saat ini, api maaih belum sepenuhnya dipadamkan. Mobil damkar masih lalu lalang dan diantara petugas lainnya tetlihat tetap fokus melakukan pembasahan dan mulai mendekati titik api, untuk daoat dipadamkan.

Belum diketahui pasti, kerugian yang diakibatkan api yang menghanguskan pabrik krupuk milik UD Makmur Sentosa ini.