Perkokoh Toleransi, Jatman Ikrar Perdamaian Antar Umat Beragama

963

Pasuruan (wartabromo.com) – Musda ke-4 Jatman Jawa Timur jadi ruang perkokoh toleransi lintas agama. Ikrar damai pun dikumandangkan di sela pembukaan Musda di halaman Universitas Yudharta Pasuruan.

Meski diiringi hujan, hadirin dan peserta Musda, tetap bersemangat ikut membacakan ikrar perdamaian. Pembacaan Ikrar dilakukan bersama seluruh tokoh lintas agama, TNI – Polri dan juga Konsulat Jenderal Negara tetangga. Mereka bersama-sama berdiri di atas panggung membacakan ikrar perdamaian.

Ikrar perdamaian bagian dari cita-cita bangsa. Tidak peduli suku, agama, ras dan antar golongan. Disebutkan, bila semua berkeinginan hidup damai dan penuh toleransi bagi umat manusia.

Berikut ikrar perdamaian :
Wajib menjaga keharmonisan dan perdamaian dunia dengan mejunjung tinggi sikap toleransi antar umat beragama, antar budaya dan antar bangsa serta menghargai hak asasi manusia;
Mencegah dan berupaya menghentikan segala bentuk kriminalisasi, peperangan, terorisme dan kekerasan;
Bersama-sama menjadikan bumi sebagai rumah kita bersama yang damai dan penuh toleransi, aman dan nyaman bagi semua umat manusia.

Baca Juga :   Ditangkap Jambret Tas, Efendi Dihajar Massa

Setelah pembacaan ikrar perdamaian, Do’a tak lupa dipanjatkan oleh KH. Ali Mas’adi, Idaroh Aliyah JATMAN Pusat. Para undangan dan peserta yang hadir tampak khusyu’ mengamini do’a yang dilantunkan Meski sempat diguyur hujan, suasana hangat tetap terasa. (**/**)