Jelang Pleno DPT, Ada Ribuan Pemilih Ganda

0
36


Probolinggo (wartabromo.com) – Empat hari lagi, KPU Kabupaten Probolinggo akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada. Namun, hingga saat ini masih ada sekitar 3.500 pemilih ganda di Sistem Data Pemilih (Sidalih) pusat.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Sugeng Harianto, mengakui adanya ribuan pemilih ganda itu. Ia mengatakan proses perekapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS-HP) di tingkat desa dan kecamatan telah tuntas. Semua hasil pemutakhiran DPS-HP telah dimasukkan ke Sidalih. Dari 21 ribu pemilih ganda, berhasil diperbaiki oleh PPS dan PPK, sehingga tersisa sekitar 3.500 pemilih ganda.

Karena itu pihaknya, melalui PPK (Panitia Pemilu Kecamatan) terus melakukan proses pemutakhiran data pemilih untuk Pilbup Probolinggo dan Pilgub Jawa Timur itu.

“Ternyata, masih ada pemilih ganda yang terdeteksi di Sidalih. Saat ini, KPU fokus memperbaiki ribuan pemilih ganda tersebut. Karena pada 18 April nanti, kami menetapkan DPT,” ujar Sugeng, Sabtu (14/4/2018).

Pria yang membidangi Divisi Perencanan dan Data tersebut, menargetkan sebelum 16 April, sudah tidak ada lagi pemilih ganda di Sidalih. Sebab, kini petugas PPK tengah memperbaiki data pemilih ganda itu sesuai kecamatan masing-masing.

“Jadi bahan itu nantinya akan kami bawa dalam forum koordinasi dengan polres, sehari sebelum penetapan DPT,” katanya.

Menurut Sugeng, pasca rekapitulasi dan rapat pleno DPS-HP di tingkat PPK Kamis (12/4/2018), pihaknya mengundang semua PPK 24 kecamatan pada hari ini. Mereka diundang untuk rapat koordinasi persiapan rekapan dan rapat pleno DPS HP di tingkat Kabupaten Probolinggo. Sebab, direncanakan DPS-HP itu ditetapkan menjadi DPT tanggal 18 April.

”Kami masih belum dapat memastikan DPS-HP ini akan berkurang berapa dari DPS awal. Karena, angka DPS-HP itu masih akan direkap dan dirapatplenokan,” tandas pria asal Kecamatan Kraksaan ini. (cho/saw)