Antisipasi Ambruk, Putra Komedian Tukul Arwana Cek Kontruksi Sejumlah Jembatan

993

Probolinggo (wartabromo.com) – Saltantas Polres Probolinggo, bersama Dishub, DPUPR Kabupaten Probolinggo dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya, lakukan pengecekan kontruksi sejumlah jembatan di jalur pantura wilayah Probolinggo. Pengecekan kelaikan dilakukan, untuk antisipasi agar peristiwa ambruknya jembatan Babat-Widang, tidak terjadi.

Setidaknya ada tiga jembatan disidak oleh tim yang dipimpin Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP. Ega Prayudi itu.

Jembatan itu adalah Jembatan Pajarakan, Jembatan Semampir dan Jembatan Paiton. Tiga jembatan itu, diperiksa kondisi kelayakan dan kelaikannya, karena memiliki konstruksi yang mirip dengan Jembatan Widang yang putus pada Selasa (17/4/2018) lalu. Yakni sama-sama
berkonstruki Bailey (jembatan dengan konstruksi baja).

“Ada kemiripan konstruksi antara tiga jembatan yang ada di sini dengan yang di Tuban. Sehingga kami mengajak dinas terkait untuk memeriksa keadaan kondisi jembatan tersebut, untuk mengantisipasi putusnya jembatan yang bisa menimbulkan korban jiwa,” kata Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP. Ega Prayudi.

Baca Juga :   Cinta Mati, Gadis Cantik Lepas Keperawanan untuk Pacar

Di jembatan Pajarakan, petugas menemukan permukaan aspal yang bergelombang. Seharusnya, aspal di atas jembatan tidak boleh bergelombang, sehingga jika hal tersebut dibiarkan bisa berakibat fatal. “Kita minta pada balai besar untuk segera melakukan perbaikan pada aspal di atas jembatan. Secara konstruksi, tiga jembatan yang kami periksa masih layak untuk dilewati,” kata putra Tukul Arwana ini.

Kelayakan tiga jembatan itu, juga ditegaskan oleh Aprianto, staf BBPJN) VIII Surabaya ruas Probolinggo-Paiton-Situbondo. Ia menyebutkan jembatan Bailey yang ada itu sangat baik kosntruksinya dan layak dilewati oleh kendaraan besar. Meskipun aspal diatas jembatan ada yang bergelombang.

“Untuk jembatan Pajarakan itu, buatan Australia. Nantinya, kami akam memperbaiki struktur aspalnya. Mungkin nanti sore sudah ada perbaikan,” terang Aprianto.

Baca Juga :   Puluhan Pendaki Gunung Semeru Berhasil Dievakuasi

Selain perbaikan aspal, rencananya petugas akan menambah beberapa rambu peringatan pada jembatan itu. Sehingga kejadian putusnya jembatan Widang yang memakan korban jiwa dapat diminimalisir. (cho/saw)