23:26 - Rabu, 23 Mei 2018
Sabtu, 21 April 2018 | 11:29

Melihat Kartini Modern Bersih-bersih Gunung

Batu (wartabromo.com) – Peringati Hari Kartini dan bulan Peduli Sampah Nasional, Srikandi Trashbag Community gelar bersih-bersih Gunung di Gunung Panderman, Batu, Jawa Timur. Meski terbilang ekstrim, komunitas perempuan yang berasal dari berbagai daerah ini antusias membersihkan Gunung Panderman.

Para perempuan ini mendaki gunung bersama dan mulai membersihkan sampah di sepanjang pendakian. Setelah sampai di puncak Basundara pada ketinggian 2000 mdpl, Operasi Bersih (opsih) ini dilanjutkan hingga sore hari.

Yunita Sari, Ketua pelaksana opsih mengatakan, Gunung Panderman dianggap perlu dilakukan bersih-bersih, karena ada beberapa titik yang penuh dengan sampah.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menularkan kepada para pegiat alam terutama para pendaki agar tidak meninggalkan sampahnya di gunung,” kata Yunita.

Sementara itu, Putri Hardi Ningrum salah satu peserta yang datang dari Kabupaten Pasuruan mengatakan sukacitanya, bisa bergabung dalam acara opsih ini.

“Kesannya capek, tapi lebih banyak senengnya. Pertama bisa dapat teman baru dan banyak lagi. Kemudian dapat ilmu banyak, juga bisa mengubah mind set kita tentang sampah.” ujar Putri.

Dalam opsih ini, akhir para Srikandi berhasil mengumpulkan sebanyak 5 kilogram sampah. Selanjutnya sampah yang terkumpul itu diangkut ke lereng gunung, untuk dipisah dan dipilah, sesuai jenisnya. (nit/may)

Koran Online 21 April : Putra Tukul Arwana Cek Jembatan, Ketua MPR RI Kais Suara Khofifah

Seru! Adu Tangkas Polwan Probolinggo di Hari Kartini