Tagih Janji Perbaikan, Warga Dusun Kemantren-Martopuro Blokir Jalan

0
27

Pasuruan (wartabromo.com) – Warga Dusun Kemantren, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, blokir jalan desa, Minggu (22/4/2018). Aksi dilakukan, menuntut perbaikan jalan, yang sempat dijanjikan pemerintah sebelumnya.

Aksi blokir dilakukan secara spontan, langsung menutup jalan desa dengan menanam pohon pisang dan batang pohon di tengah jalan. Kontan saja jalan utama penghubung ke Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, tertutup.

Sejumlah warga mengaku resah, lantaran jalan rusak, terutama termasuk di Dusun Kemantren terbilang parah. Lebih 50% jalan mengalami kerusakan aspal mengelupas hingga berlubang.

Kondisi jalan dan keresahan warga tersebut, diamini oleh ketua BPD Martopuro, Siswantoro. Ia menyadari sikap warga yang meminta jalan desa segera diperbaiki.

“Tadi kami sudah menampung semua tuntutan warga. Memang jalan teesebut sudah selayaknya diperbaiki. Kalau tidak salah jalan di Dusun Kemantren itu, dibuat tahun 90an,” kata Siswantoro.

Terungkap, bila beberapa tahun lalu warga sempat bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Kala itu, Gus Ipul berkunjung ke Dusun Kemantren dan menjanjikan perbaikan jalan setelah mendapat ‘wadulan’ warga.

“Tapi sampai sekarang kok belum ada perbaikan. Makanya warga tadi nagih,” imbuhnya.

Pihaknya bersama pemerintah desa hanya bisa mencatat keluhan dan tuntutan warga. Saat ini, warga pun berharap pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan memberikan perhatian, sehingga jalan yang telah berusia puluhan tahun, yang saat ini mengalami kerusakan cukup dapat segera diperbaiki. (ono/ono)