BMKG Ingatkan Warga Pasuruan Waspadai Hujan Lebat

1403

Pasuruan (wartabromo.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) himbau warga Kota dan Kabupaten Pasuruan, waspadai peningkatan potensi hujan lebat. Peringatan ini terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, mulai 23-25 April 2018.

Menurut rilis BMKG, kota dan Kabupaten Pasuruan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang dan lebat, disertai petir dan angin kencang, beberapa hari kedepan.

Kabupaten Pasuruan diprediksi akan mengalami hujan sedang pada siang hari, hujan petir pada malam hari, dan kabut pada dini hari. Sedangkan Kota Pasuruan diprediksi akan mengalami hujan sedang pada siang hari, hujan petir pada malam hari, dan berawan pada dini hari.

Dinukil dari antara news, Mulyono Prabowo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan, hal ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara basah dari samudera Hindia yang mempengaruhi peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Baca Juga :   Polda Jatim Akan Panggil Marwah Daud Ibrahim

“Meningkatnya potensi hujan lebat mengakibatkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” kata Mulyono, Senin (23/4/2018).

Dikatakan sebelumnya, BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau pada akhir April 2018. Menjelang peralihan musim biasanya akan terjadi masa transisi yang salah satunya ditandai dengan hujan lebat. (may/ono)