13:51 - Rabu, 23 Mei 2018
Senin, 23 April 2018 | 09:47

Hari Pertama UNBK SMP/MTs di Pasuruan, Server Down

Pasuruan (wartabromo.com) – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/Mts di Pasuruan terhambat gangguan server. Hal ini membuat ratusan siswa di MTS As-Salam, di Parasrejo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan panik.

Fahmi, salah seorang guru di MTs As-salam mengatakan, dari awal pelaksanaan UNBK, status server offline, lalu beberapa menit kemudian online, dan berlanjut sampai sekira pukul 9.00 WIB pagi.

“Offline, terus online lagi, sampai baru normal jam 9.00 WIB tadi,” ujar Fahmi.

Hal ini membuat kepanikan pada peserta ujian Nasional yang saat itu mengerjakan mata pelajaran Bahasa Indonesia, karena gangguan server ini membuat konsentrasi para siswa terpecah. Diperkirakan, bila server down tersebut juga dialami hampir seluruh sekolahan yang saat ini tengah melaksanakan UNBK.

“Ya peserta ujian panik, waktu untuk mengerjakan soal berkurang karena gangguan ini,” kata Fahmi saat dikonfirmasi via sambungan seluler.

Fahmi pun menyayangkan peristiwa gangguan server saat UNBK berlangsung. Ia mengaku tak bisa membayangkan, kondisi tersebut terjadi di wilayah pelosok, yang diketahui akses dan jangkauan internet, cenderung sulit.

Meski saat ini siswa sudah bisa mengerjakan soal-soal ujian, namun beberapa siswa hingga guru-guru mengaku khawatir, server UNBK mengalami down.

Sementara itu sebelumnya pada website UNBK di informasikan bahwa ada gangguan server pada pelaksanaan UNBK ini. Gangguan server ini menyebabkan status server di sekolah berstatus offline. Web UNBK menghimbau, jika siswa sedang mengerjakan soal, maka diharapkan tetap berkonsentrasi mengerjakan soal. Namun jika peserta masih belum memasuki laman soal, maka peserta ujian diharap menunggu hingga status server kembali online. (may/ono)

Razia di Masjid Cheng Hoo, Dishub Temukan 22 Angkutan Pariwisata Bermasalah dengan Trayek

19 SMP/MTs di Kota Pasuruan Numpang Gedung Lain Hadapi UNBK