Peringati Hardiknas, Ribuan Pelajar Bersih-bersih Pantai Pasir Panjang

1889

Lekok (wartabromo) – Ribuan Pelajar MI dan MTS se- Kabupaten Pasuruan bersih-bersih sampah yang mengotori keindahan di pantai Pasir Panjang Lekok, Kabupaten Pasuruan, Selasa (2/5/2018). Kegiatan gotongroyong ini, ranfkaian dari apel pendidikan oleh LP Maarif, peringati Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional).

Kegiatan bersih-bersih pantai, dilakukan sebelum acara apel pendidikan dimulai. Ribuan siswa didampingi guru, langsung menyebar dan memunguti sampah, yang berserakan di sepanjang bibir pantai, lokasi apel.

Kondisi pantai Pasir Panjang terbilang cukup memprihatinkan karena sampah plastik mendominasi hingga merusak pemandangan dan mengancam keasrian pantai.

Ada pula sampah organik, seperti kulit buah, sayur dan kayu. Meski bisa dikatakan mudah terurai, sampah ini telah memberikan kesan kotor di pantai ini.

Baca Juga :   Banyak Pembuang Bayi Tak Tertangkap, Kenapa?

Dalam aksi kurang satu jam oleh sekitar 5.000 siswa MI dan MTs se-Kabupaten Pasuruan itu, sampah yang berhasil dibersihkan setara satu pikap, terutama sampah plastik, selain batang kayu dan lainnya.

“Iya, pantainya tadi kotor, jadi dibersihkan dulu, supaya apelnya (apel pendidikan) nggak terganggu sampah,” ujar seorang siswi sebuah MTs di Grati.

Bersih-bersih pantai, sedianya dilakukan agar pelaksanaan apel dapat berjalan hikmad, tak terganggu dengan sampah yang berserakan. Namun, hal utama kegiatan bersih-bersih ini adalah mendidik siswa untuk tetap mencintai lingkungan, sehingga dapat lestari. (trd/ono)