Sambut Ramadhan, Ansor Gelar Touring Safety Riding dan Baksos

0
164

Probolinggo (wartabromo.com) – Menjelang bulan puasa Ramadhan 1439, GP Ansor Kota Kraksaan dan GP Ansor Kabupaten Probolinggo, menggelar Touring Safety Riding dan bakti sosial (Baksos), Minggu (13/5/2018). Diharapkan kaum muslimin bergembira dalam menyambut Rukun Islam tersebut.

Touring berhadiah ibadah umroh itu, dibagi menjadi dua wilayah keberangkatan. Untuk wilayah PC GP Ansor Kota Kraksaan dimulai di Gelora Merdeka Kraksaan pada pukul 07.30 WIB. Sementata wilayah barat yang dikoordinir GP Ansor Kabupaten Probolinggo, diberangkatkan dari lapangan Muneng Kecamatan Sumberasih. Kedua rombongan touring itu, sama-sama finish di obyek Wisata Pantai Bentar Kecamatan Dringu.

Kegiatan ini, menurut Ketua PC GP Ansor Kraksaan Taufiq, selain untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, juga memberikan ruang kepada anak muda yang hobby touring. Meski pada kenyataannya, peserta touring yang mencapai 5.000 lebih, tak hanya didominasi kaum muda.

“Kami mengakomodir hobi dari anak-anak muda yang senang bersepeda motor. Diharapkan pada bulan Ramadhan nanti, tidak lagi bermain sepeda motor di jalanan, yang berujung kecelakaan,” kata Taufiq.

Dalam kegiatan yang juga memperingati Hari Ulang Tahun (Harlah) Ansor ke 84 itu, peserta Touring Safety Riding juga diajak berbagi dengan kaum dhuafa. Setidaknya ada 5.000 paket sembako yang disedekahkan kepada masyarakat miskin di beberapa titik sepanjang rute touring.

“Kami juga berbagi sedekah bagi warga. Harapannya peserta turing selalu ingat untuk berbagi rejeki dengan sesama. Apalagi bulan puasa juga merupakan ibadah yang sangat mulia dan sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah,” imbuh Taufiq.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo Muchlis mengatakan, kegiatan touring safety riding ini sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dalam berkendara. Diharapkan dapat memotivasi dan menyadarkan masyarakat menjadi pengendara yang baik.

“Para pengendara motor harus selalu membawa kelengkapan berkendara, taat kepada aturan berkendara dan disiplin dalam berkendara tanpa merugikan pengendara lain,” ujar Muchlis.

Di lokasi finish Pantai Bentar, panitia menyiapkan sejumlah rejeki bagi peserta. Diantaranya umroh gratis bagi peserta yang beruntung. (saw/saw)