14:13 - Rabu, 23 Mei 2018
Jumat, 18 Mei 2018 | 11:28

Tetap Bugar saat Puasa, Ini Rahasianya!

Pasuruan (wartabromo.com) – Bulan Ramadhan 1439 H atau jatuh pada hari Kamis, (17/5/2018). Seluruh umat muslim mulai menjalankan ibadah di bulan Ramadhan seperti puasa, tarawih, tadarus dan lain sebagainya. Puasa dimulai dengan makan sahur, kemudian menahan lapar dan haus hingga adzan maghrib, kurang lebih 12 jam tubuh wajib menjalankan ibadah puasa.

Meski begitu, di bulan Ramadhan ini, aktivitas harus tetap dikerjakan sebagaimana biasanya. Bagaimana caranya? Berolahraga menjadi salah satu cara menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar untuk beribadah dan beraktivitas selama bulan suci Ramadhan. Namun, kegiatan olahraga ini harus disesuaikan dengan kekuatan atau daya tubuh kita saat bulan puasa.

Berikut jenis olahraga yang tepat pada saat puasa :

  1. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil dan ringan menjadi olahraga paling sederhana dan disukai banyak orang. Tidak memerlukan biaya yang banyak, hanya dengan sepatu dan pakaian yang nyaman, anda sudah bisa melakukan olahraga jogging, supaya badan tetap sehat. Anda bisa melakukan jogging sebelum berbuka pukul 16.30 hingga 17.00, kira-kira 15-20 menit saja untuk membantu mengeluarkan keringat dan membugarkan kembali tubuh anda.

  1. Bersepeda

Melakukan aktifitas olahraga bersepeda akan membuat tubuh dan pikiran menjadi sehat. Berolahraga sepeda bisa dilakukan sembari menunggu berbuka ataupun pada pagi hari setelah sholat subuh. Pemilihan waktu setelah sholat shubuh ini, supaya tubuh anda dapat menjumpai udara yang sejuk, segar dan bersih karena polusi masih sedikit. Sementara jika anda memilih bersepeda menjelang berbuka, anda juga bisa mendapatkan udara yang sejuk, sembari menunggu waktu berbuka.

  1. Jalan Santai

Saat puasa hindari olahraga berat yang bisa membuat cepat berkeringat, jalan santai adalah salah satu pilihan berolahraga yang tepat. Selain menjaga kesehatan tubuh, juga dapat menjaga kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang. Waktu yang tepat untuk jalan santai adalah sore hari menjelang buka puasa dan pagi hari setelah sholat subuh.

Ketiga olahraga ringan ini dapat anda lakukan selama bulan ramadhan. Selain tidak terlalu menguras energi saat berpuasa, olahraga ini tetap dapat membantu anda menjaga kebugaran selama menjalankan ibadah puasa. Meski begitu, anda tetap bisa melakukan olahraga lain, namun tetap harus menyesuaikan dengan kemampuan tubuh anda. Semoga bermanfaat ya bolo! (wil/may)

Koran Online 18 Mei : Razia Pebalap Liar, hingga Peningkatkan Siskamling Hindari Terorisme

Warga Purwosari Temukan Mayat Tengkurap Di Parit