Ditanya Banjir Bangil, Begini Jawaban Gus Irsyad Dalam Debat Kedua

1423

Bangil (wartabromo.com) – Panelis menanyakan tentang Banjir yang selalu terjadi di Bangil kepada calon Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. Ditegaskan, banjir bagian dari program prioritas selama ini, bahkan untuk lima tahun ke depan.

Persoalan banjir itu mengemuka dalam Debat publik putaran kedua di Gedung Diponegoro, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Minggu (27/5/2018).

“Tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya, Bangil ini selalu banjir Gus. Kedepan mau diapakan banjir itu, kok terus-terus seperti itu. Seolah-olah ada pembiaran,” Ujar Abdul Chalik salah satu panelis.

Calon Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menegaskan, selama ini pihaknya tidak melakukan pembiaran perihal banjir dan telah melakukan upaya-upaya pencegahan banjir. Hanya saja, menurutnya, dalam kurun lima tahun itu dirasa kurang untuk bisa menyelesaikan persoalan banjir.

Baca Juga :   KPU Pasuruan Benarkan Ada Intruksi Verifikasi 'Ijazah Palsu'

“Kita tidak melakukan pembiaran, kita telah melakukan upaya-upaya, tapi masalah banjir ini tidak bisa saya selesaikan dalam satu periode menjadi Bupati,” jawab Gus Irsyad sapaan akrab Irsyad Yusuf.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh Gus Irsyad untuk mengatasi masalah banjir di wilayah Pasuruan, diantaranya adalah melakukan komunikasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum (PU). Ia mencontohkan, Kali Mati diupayakan menjadi Kolam Retensi. Dikatakannya, program tersebut akan sulit diwujudkan dengan APBD Kabupaten Pasuruan.

“Kita sudah melakukan upaya, saya sendiri langsung ke kementrian PU. Merencanakan dan meminta karena ini tidak bisa dilakukan dengan anggaran pemerintah Pasuruan,” terang Irsyad disambut tepuk tangan meriah para pendukungnya.

Dilanjutkan, tahun ini sudah dilakukan normalisasi dan juga solusi di Bangil ini yaitu menjadikan Kali Mati menjadi Kolam Retensi. Dan itu usulan pemerintah Kabupaten Pasuruan dan disetujui menjadi kompensasi proyek Umbulan. Dengan usulan tersebut calon tunggal Bupati Pasuruan meyakini, persoalan banjir yang sering terjadi di musim hujan bisa dikurangi.

Baca Juga :   Sah, Ini SK DPP Nasdem Usung Gus Irsyad - Gus Mujib

“Dengan demikian persoalan banjir di Kabupaten Pasuruan dapat terkurangi,” Tutupnya. (wil/ono)