Ribuan Benih Kerapu Ditebar di Perairan Paiton

2006

Probolinggo (wartabromo.com) – Akhir-akhir ini ikan kerapu sudah jarang tertangkap oleh nelayan di perairan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Agar tak punah, ribuan benih ikan kerapu ditebar oleh Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo di perairan Pantai Binor.

Setidak ada 8.080 ekor benih ikan kerapu yang ditebar bersama Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Keranji Desa Binor. Penebaran kembali (restocking) benih ikan ini, merupakan salah satu upaya untuk melestarikan ikan kerapu agar tidak punah.

“Penebaran kembali ikan ini dilatarbelakangi semakin berkurangnya sumber daya ikan kerapu di perairan pantai. Disamping sebagai upaya pemulihan kembali sumber daya ikan di perairan pantai. Serta semakin besarnya antusias dan semangat kelompok masyarakat untuk melakukan pelestarian,” ujar Kabid Perikanan Tangkap Diskan Kabupaten Probolinggo, Wahid Noor Azis, Selasa (29/5/2018).

Baca Juga :   Bromo Marathon Akan Jadi Kegiatan Tahunan

Wahid mengatakan penebaran benih ini penting sebagai upaya untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan kerapu serta pemulihan sumber daya ikan yang ada di perairan Kabupaten Probolinggo. Sebab, hasil tangkapan ikan kerapu oleh nelayan Probolinggo tak maksimal. Bahkan cenderung sedikit dibanding jenis ikan lainnya, padahal ikan kerapu harganya cukup mahal.

“Di perairan pantai Binor banyak terdapat terumbu karang. Di mana ikan kerapu merupakan ikan yang senang hidup di karang. Sehingga diharapkan nantinya, benih ikan kerapu ini bisa tumbuh dan berkembang biak di wilayah terumbu karang dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Wahid, tujuan pemulihan sumber daya ikan yang ada di pantai adalah untuk kesejahteraan nelayan. “Diharapkan benih itu berkembang biak dan mampu meningkatkan sumber daya ikan kerapu yang ada. Sehingga dapat memulihkan sumber daya ikan dan meningkatkan hasil tangkapan nelayan,” harapnya. (saw/saw)