Honor 3.496 Guru Sukwan di Kabupaten Pasuruan Cair

2079

Cair – Setelah sekian lama, Honor 3.496 Guru Sukwan di Kabupaten Pasuruan Cair. Terlihat ribuan guru sukwan mengantre di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2018).

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 3.496 guru sukwan Kabupaten Pasuruan menerima uang jasa pendidikan. Guru belum mempunyai SK Bupati itu, mendapatkan honor selama 5 bulan yang menjadi hak mereka.

Pencairan honor yang diistilahkan sebagai Jasa Pendidikan itu dilakukan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2018).

Terlihat ramai ribuan guru sukwan rela mengantre hingga berjam-jam, demi menerima gaji yang sangat mereka tunggu itu.

Ani Rahmawati (39), salah satu guru di wilayah Kecamatan Winongan mengaku lega, lantaran telah menerima Rp 5 juta, terhitung gaji mulai Januari hingga Juni 2018.

Baca Juga :   Dipertanyakan Warga, PT CJI Akui Telah Serahkan Rp 1,2 M di Kecamatan

“Saya sangat senang, karena lebaran juga sebentar lagi. Saya belum beli pakaian buat anak-anak, dan kue di rumah juga belum bikin, karena biasanya saya membuat kue sendiri,” ungkapnya.

Ani adalah satu dari ribuan guru lain yang dipanggil Dinas Pendidikan untuk menerima uang kesejahteraan tenaga pendidikan. Selain guru sokwan, sebanyak 535 guru K2 telah dulu menerima honor, tepatnya Selasa (05/06/2018) atau sehari sebelum pencairan guru sukwan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi tahun ini terbilang ada keterlambatan pencairan. Namun, keterlambatan itu disebabkan karena perubahan sistem atau mekanisme pencairan. Sebelumnya pencairan disalurkan secara manual, sekarang pencairan dilakukan melalui Bank Jatim.

“Beda sekali dengan tahun lalu yang pencairannya bisa langsung manual. Tapi mulai tahun ini sudah melalui perbankan, sehingga agak mundur dari jadwal semua. Untuk itu, saya mohon maaf kepada semua guru, tidak ada sama sekali maksud kami untuk mengundurkan jadwal pencairan,” kata Iswahyudi.

Baca Juga :   Polisi Kejar 3 Begal yang Kabur Usai Temannya Tewas Akibat Bondet Meledak

Ia mengatakan, hari ini, semua guru honorer K2 dan sukwan mendapatkan buku tabungan dan ATM Bank Jatim, yang aktif sehari setelahnya.

“Selamat untuk semua guru K2 dan sukwan. Selamat lebaran dan bisa berkumpul dengan keluarga,” pungkas Iswahyudi. (mil/ono)