129 Warga Binaan Rutan Bangil Dapat Remisi Idul Fitri

0
45


Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 129 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) II B Bangil mendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Remisi akan diberikan pada Hari H Idul Fitri 1439 Hijriyah, pada Jumat 15 Juni 2018.

“Sebelum jam kunjungan kita buka pada pukul 8 pagi, kita laksanakan Sholat Ied dulu, baru setelahnya dilanjutkan dengan pemberian remisi,” jelas Kepala Rutan II B Bangil, Wahyu Indarto, Selasa (12/06/2018).

Dari 129 warga binaan tersebut, sebanyak 105 orang mendapatkan remisi 15 hari, sedangkan 24 orang menerima remisi 1 bulan. Kata Wahyu, warga binaan yang mendapat remisi 15 hari adalah penghuni yang memiliki masa pidana atau kurungannya tak lebih dari 1 tahun.

“Kalau yang 24 warga binaan sudah menjalani masa hukuman lebih dari 1 tahun,” imbuhnya.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, dari seluruh warga binaan yang mendapat remisi, 56 tahanan berasal dari kasus pencurian, 20 orang kasus narkoba, 11 orang kasus penipuan, 11 orang kasus kesehatan, dan sisanya berasal dari kasus penganiayaan, penggelapan, lalu lintas, dan kasus lainnya.

Saat ditanya perihal para koruptor yang berada di Rutan Bangil, Wahyu menegaskan ada 8 koruptor yang semuanya tidak mendapatkan remisi Idul Fitri.

“8 Koruptor semuanya tidak mendapatkan remisi, karena ada banyak persyaratan yang tidak dipenuhi, salah satunya karena tidak membayar denda yang sudah diputus oleh pengadilan, yang akhirnya membuat mereka tidak bisa menerima remisi,” beber dia.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, besar kemungkinan masih ada warga binaan yang menerima remisi, khususnya mereka yang sudah menjalani masa hukuman di tahun kedua.

“Namanya remisi susulan, biasanya keluar pengumumannya H-1 Lebaran. Jumlahnya kita tidak tahu, bisa belasan atau puluhan. Yang penting sudah kita usulkan dari para warga binaan yang berkelakuan baik di Rutan Bangil,” urai Wahyu. (mil/ono)