Koran Online 17 Juni : Tradisi Lebaran, hingga Referensi Lokasi Wisata

0
122

Beragam peristiwa kami sajikan pada 16 Juni 2018 melalui laman media online wartabromo. Ragam berita menarik kini kami rangkum untuk kembali anda baca dalam koran online edisi Minggu (17/6/2018). Mulai Tradisi Lebaran, hingga Referensi Lokasi Wisata :

  1. Muslim Aboge Probolinggo Lebaran Hari Ini

Probolinggo (wartabromo.com) – Muslim aboge di Probolinggo, baru melaksanakan salat Id Idul Fitri 1439 H pada Sabtu (16/6/2018) pagi. Perayaan ini, selisih satu hari dari yang sudah ditetapkan pemerintah pada Jumat kemarin. Jamaah aboge ini sejak turun-temurun, berpedoman pada kalender Islam dan perhitungan jawa kuno, yakni kitab mujarobat.

Puluhan jamaah aboge di Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, melaksanakan salat Id tepat pukul 06.00 WIB pagi. Usai menggelar salat Id, acara dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan antar warga. Kemudian selamatan dengan makan tumpeng yang dibawa masing-masing warga. Makan bersama, mereka menyebutnya, sebagai simbol untuk meruwat bulan syawal. Simak Selengkapnya.

  1. Libur Lebaran, Warga Lumajang Ramai-ramai Kunjungi Pura di Senduro

Lumajang (wartabromo.com) – Moment lebaran seringkali digunakan warga untuk silaturahmi dan melakukan wisata religi. Uniknya, beberapa warga Lumajang ini manfaatkan momen libur lebaran untuk mengunjungi Pura Mandhara Giri Semeru Agung, tempat ibadah umat Hindu, Sabtu (16/6/2018).

Ratih, salah seorang warga mengatakan, ia dan keluarga ke Pura untuk berjalan-jalan sembari mengabadikan moment, setelah bersilaturahmi dengan keluarga. Simak Selengkapnya.

  1. Merayakan Lebaran Bersama Komunitas Lintas Kepercayaan

SUARA bedug terdengar bertalu-talu di sela takbir di masjid Miftahul Huda, Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Kamis (14/6/2018) sejak pukul 19.00 WIB Malam itu, selepas isya, jamaah masjid memang mengagendakan takbir keliling guna merayakan malam hari raya yang jatuh pada Jumat (15/6/2018).

Jadilah suasana di sekitar masjid ramai oleh warga. Suasana yang tak kalah ramai juga tersaji di lapangan depan masjid. Anak-anak terlihat begitu asyik bermain kembang api di kedua sisi lapangan. Begitu juga di tengah lapangan. Beberapa kelompok pemuda dari lintas agama sibuk mempersiapkan diri untuk berbagai atraksi dan pertunjukan yang biasa digelar selepas takbir keliling. Simak Selengkapnya.

  1. Brakk! Panther Naik Median Jalan, Xenia Ikut Bertumbukan

Grati (wartabromo.com) – Peringatan bagi anda yang sedang berkendara di jalan raya untuk tetap berhati – hati. Pasalnya, sebuah kecelakaan antara mobil minibus yang mengangkut rombongan keluarga terjadi di jalur Pantura Pasuruan – Probolinggo, Sabtu (16/6/2018) malam sekitar pukul 19.45 WIB.

Kecelakaan ini menimpa mobil Panther Nopol L 1539 B yang dikendarai oleh Subandi warga Sumo Manunggal Kota Surabaya yang oleng dan menabrak median jalan di jalan raya Mangkrengan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Simak Selengkapnya.

  1. Bingung Isi Libur Lebaran? Berikut Lokasi Wisata untuk Referensi Anda

Pasuruan (wartabromo.com) – Bingung isi libur lebaran yang relatif panjang tahun ini? Tak ada salahnya untuk melewatinya dengan berlibur bersama keluarga.

Nah, Pasuruan yang topografinya berupa dataran tinggi dan pegunungan menyimpan banyak tempat wisata menawan. Daripada bengong di rumah, ada baiknya berkunjung ke sana. Simak Selengkapnya.