Berlebaran di Wisata Alam Air Terjun Putuk Truno

0
5

Laporan : M. Rozikin

SEJUK-nya aliran air yang turun dari ketinggian 45 meter memberikan sensasi tersendiri bagi tubuh dan pikiran. Wisata alam memang masih menjadi pilihan, dikala penat datang melanda, atau saat berkumpul bersama keluarga di moment lebaran

Tak perlu jauh untuk berlibur menikmati wisata alam, karena Pasuruan memiliki berbagai wisata alam yang indah. Seperti Air Terjun Putuk Truno, yang berada di kawasan wisata Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Disana anda dapat merasakan kesejukan dari percikan butiran air terjun yang dapat membasahi kulit.

Jika anda dari arah Surabaya menuju ke Malang, anda cukup mengikuti petunjuk arah menuju ke Prigen. Setelah sampai di persimpangan tiga, anda cukup belok kiri dan mengikuti petunjuk arah ke air terjun tersebut.

Jalan untuk menuju ke lokasi air terjun ini sedikit menanjak. Namun tak perlu khawatir, karena jarak dari jalan raya ke lokasi cukup dekat, yakni sekitar 500 meter, selain dapat dilalui kendaraan baik roda 4 maupun roda 2.

Agung Rohardi, salah satu pengunjung asal Surabaya mengatakan, air terjun Putuk Truno cocok untuk tempat bermain bersama keluarga.

“Saya rombongan 6 orang, dan disini memang enak untuk bersantai dan menikmati sensasi alamnya bersama keluarga. Juga airnya gak terlalu deras, jadi bisa mandi,” terang Agung.

Ia menambahkan, kelebihan lain Putuk Truno diantaranya jarak dari loket menuju lokasi air terjun, hanya sekitar 400 meter, dengan medan tak terlalu menanjak. Sehingga jika mengajak anak kecil untuk berjalan, tidak terlalu capek.

Sementara itu, Valdi Eka Putra, Manager Putuk Truno mengatakan, jalan menuju lokasi Putuk Truno memang sedikit menurun, namun aman untuk dilewati.

Diungkapkan juga, jika tarif tiket masuk ada kenaikan dibanding lebaran

tahun lalu. Itu untuk membangun fasilitas-fasilitas baru dilokasi air terjun seperti tempat peristirahatan pengunjung.

“Benar, naiknya Rp 5 Ribu jadi untuk weekend menjadi Rp 15 ribu untuk per-orang, dan kami juga akan menambah tempat istirahat di bawah tangga yang disebelahnya air terjun,” papar Eka.

Pihaknya, masih belum dapat menghitung jumlah kesuluruhan pengunjung pada lebaran tahun ini, apakah lebih banyak tahun lalu atau tahun sekarang. Namun ia menargetkan, mulai H+3 hingga Minggu (24/6/2018) esok, jumlah pengunjung bisa mencapai lima ribu wisatawan. (*)