Koran Online 26 Juni : Besok Libur Nasional, hingga Ritual Awal Suku Tengger Jelang Kasada

0
3

Beragam peristiwa kami sajikan pada 25 Juni 2018 melalui laman media online wartabromo. Ragam berita menarik kini kami rangkum untuk kembali anda baca dalam koran online edisi Selasa (26/6/2018). Mulai, Besok Libur Nasional, hingga Ritual Awal Suku Tengger Jelang Kasada :

  1. Antisipasi Teror, Bandara Juanda Tingkatkan Pengamanan

Surabaya (wartabromo.com) – Insiden peledakan bom sejumlah tempat di Surabaya beberapa waktu lalu masih meninggalkan trauma sejumlah pihak. Tak terkecuali, Angkasa Pura Airports. Tak mau kecolongan, pengamanan di kawasan bandara yang kelola pun ditingkatkan.

Dikutip dari laman Angkasa Pura, Direktur Utama Angkasa Pura, Faik Fahmi menyatakan, langkah tersebut dilakukan guna mencegah kejadian memilulan itu terulang. Apalagi, selain ruang publik, bandara dikatakannya merupakan objek vital negara. Simak Selengkapnya.

  1. Brimob Siap “Gebuk” Perusuh Pilwali Probolinggo

Probolinggo (wartabromo.com) – Tak ingin kecolongan seperti Pilwali 2013 lalu, Polres Probolinggo Kota menyiapkan pengamanan ekstra dalam Pilwali 2018. Puluhan personel dari Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jawa Timur didatangkan untuk membantu Polresta Probolinggo.

Menurut Kapolres Probolinggo Kota, AKBP. Alfian Nurrizal, ada 75 personel yang tiba di Mapolres Probolinggo Kota pada Minggu (24//6/2018). Mereka datang naik satu bus umum dan 2 truk dinas kepolisian. Pasukan khusus Polri itu, juga membawa kendaraan barrier, Baracuda dan Water Canon serta 6 unit sepeda motor trail. Pasukan ini merupakan personil tambahan dalam pengamanan Pilwali Probolinggo. Simak Selengkapnya.

  1. Pilkada Serentak, 27 Juni Ditetapkan Hari Libur Nasional

Jakarta (wartabromo.com) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengeluarkan Keppres (Keputusan Presiden), mengenai penetapan hari libur nasional pada Pilkada 2018. Keppres tersebut menetapkan jika Rabu, 27 Juni 2018, ditetapkan menjadi hari libur nasional.

“Keputusan Presiden tentang hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2018 sebagai hari libur nasional,” isi Keppres yang ditetapkan 25 Juni 2018. Simak Selengkapnya.

  1. Tarik Partisipasi Pemilih, Camat Lekok Siapkan Puluhan Ribu Kupon Berhadiah

Lekok (wartabromo.com) – Tingkatkan partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati (Pilbup) Pasuruan dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, Kecamatan Lekok menyediakan puluhan ribu kupon doorprize. Kupon berhadiah peralatan rumah tangga ini nantinya akan diundi setelah pemilihan berlangsung.

Camat Lekok, Nur Kholis mengatakan, pemberian doorprize ini pada masing-masing TPS memberikan doorprize dengan menggunakan anggaran dari tiap kantor desa atau swadaya warga sekitar. Simak Selengkapnya.

  1. Jelang Kasada, Warga Tengger Mendak Tirta

Probolinggo (wartabromo.com) – Perayaan Yadnya Kasada, warga Suku Tengger di Kawasan Gunung Bromo akan dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (29-30/6/2018) mendatang. Namun, serangkaian ritual telah dilaksanakan, salah satunya dengan Mendak Tirta (mengambil air suci) pada Senin (25/6/2018).

Mendak Tirta, sebagai ritual awal prosesi upacara Yadnya Kasada yang bakal dilaksanakan nanti. Bagi masyarakat suku Tengger di wilayah Kabupaten Probolinggo, ritual ini dilakukan di sumber Air Terjun Madakaripura, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Sementara untuk Kabupaten Pasuruan di sumber air Gunung Widodaren. Sedangkan masyarakat suku Tengger di wilayah Lumajang melaksanakan mendak tirta di sumber di Kawasan Pura Senduro Lumajang. Simak Selengkapnya.

  1. Kanjuruhan FC Didiskualifikasi, Persekabpas Tetap di Puncak Klasemen

Pasuruan (wartabromo.com) – PSSI Jawa Timur mendiskualfikasi klub Liga 3 Grup D, Kanjuruhan FC. Namun hal ini tidak membuat Persekabpas bergeser dari puncak klasemen sementara.

Kanjuruhan FC didiskualifikasi karena kedapatan memainkan pemain tidak sah dalam beberapa pertandingan lanjutan Grup D Liga 3 Jawa Timur putaran pertama. Simak Selengkapnya.