Zona Merah, Kapolda Pantau Pilkada Kota Probolinggo

1046

Probolinggo (wartabromo.com) – Pilkada Serentak di Kota Probolinggo dinilai rawan rusuh, menjadi perhatian Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin. Persiapan keamanan Pilkada di Kota Mangga ini pun mendapat pantauannya langsung.

Bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman BA, Kapolda datang ke TPS 05 Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Sejumlah pejabat, tokoh agama dan Ketua KPU Kota Probolinggo terlihat turut mendampingi. Di TPS dengan DPT 265 jiwa ini, Kapolda berdialog dengan KPPS.

Kapolda menuturkan, kunjungan ke Kota Probolinggo ini untuk memastikan persiapan Pilkada berjalan dengan baik. Termasuk pergeseran anggota untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakarat. Diketahui, pada Pilwali Probolinggo 2013 lalu, sempat terjadi kerusuhan yang melibatkan pendukung salah satu paslon, sehingga Zona Merah Pilkada. Kondisi itu sepertinya mendapat atensi tersendiri dari pihak keamanan.

Baca Juga :   Safari Ramadhan, AQUA Keboncandi Bagi Sembako dan Sumbang Masjid

“Suksesnya pilkada ini ada beberapa hal, yang pertama penyelenggaraan yang baik, pengawasan yang baik, kemudian pastisipasi warga juga bagus dan diharapkan pastisipasi mencapai 70 persen, itu yang kita harapkan. Toko agama dan tokoh masyarakat juga menghimbau warga untuk ikut nyoblos,” ujar Kapolda Jatim.

Selain itu, Kapolda berharap anggota TNI dan Polri serta PNS bersikap netral dalam pelaksanakan Pilkada ini. Baik dalam Pilgub Jawa Timur maupun Pilwali Kota Probolinggo dan Pilbup Kabupaten Probolinggo. “Untuk TNI dan Polri netral itu harga mati,” tegas jenderal bintang 2 ini.

Sebelum ke Kota Probolinggo, Kapolda Jawa Timur juga mengunjungi di beberapa titik daerah, seperti Pulau Madura, Situbondo dan Bondowoso. Di wilayah-wilayah ini, Kapolda selain berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim, juga bertemu tokoh agama serta tokoh masyarakat. Pemuka Masyarakat diharapkan ikut serta dalam mensukseskan Pilkada serentak, dengan mengingatkan masyarakat untuk nyoblos, pun ikut menjaga stabilitas keamanan di wiliyah masing-masing.

Baca Juga :   Cegah Kecurangann, Ribuan Surat Suara Dimusnahkan KPU Probolinggo

“Saya harap para tokoh masyarakat juga ikut serta dalam menjaga keamanan di daerah masing-masing dengan mengingatkan masyarakat, juga dapat menghimbau masyarakat untuk nyoblos dan tidak Golput,” tandas Kapolda.

Untuk Pilkada Serentak di Kota Probolinggo, ada 1.939 personel gabungan yang disiagakan. Rinciannya, personel Polresta 371 anggota, 100 personel Armed Jember, 75 personel Brimob Detasemen B Malang Polda Jatim, serta Linmas sebanyak 1.393 orang. (fng/saw)