Tarik Minat Pemilih, Petugas TPS 03 Manaruwi Kenakan Kostum Wayang Orang

2044

Bangil (wartabromo.com) – Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 di Dusun Salak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, terbilang unik hingga menarik perhatian pemilih. Di TPS ini, petugas KPPS rela mengenakan kostum wayang orang, lengkap dengan pernak-perniknya, Rabu (27/6/2018).

Terlihat antusias warga, silih berganti berdatangan untuk melakukan pencoblosan, mulai dari kalangan muda, hingga tua. Sedangkan petugas KPPS, diantaranya berpenampilan bak Gatotkaca, terus mengumbar senyum kepada calon pemilih, yang hadir.

Yoyok, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menuturkan, petugas KPPS menggunakan kostum wayang ini untuk meningkatkan animo masyarakat, supaya datang ke TPS 03 untuk menggunakan hak suaranya, melakukan pencoblosan.

“Untuk mensukseskan Pilkada 2018, kita mempunyai kreatif dan ide untuk memakai kostum pewayangan ini untuk berceritakan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, untuk memilih pemimpin Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan Sekaligus Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” Kata Yoyok kepada wartabromo.com.

Yoyok menambahkan, untuk menyewa kostum wayang ini, mereka harus merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu per orang, yang didapat dari swadaya masyarakat. Ditambah lagi, untuk sebagian dekorasi dan pernik tema wayang di TPS ini, warga sekitar meminjam dan sebagian lainnya merupakan milik pribadi.

Keberadaan TPS unik ini sepertinya ampuh untuk menarik minat masyarakat menggunakan hak pilihnya. Terbukti, dalam 3 jam, dari 600 pemilih yang terdaftar di TPS 03, sekitar 200 lebih warga telah menggunakan hak pilihnya. (fik/may)