Koran Online 30 Juni : Biaya Masuk SMA/SMK Dikeluhkan, hingga Perayaan Yadnya Kasada

0
106

Beragam peristiwa kami sajikan pada 29 Juni 2018 melalui laman media online wartabromo. Ragam berita menarik kini kami rangkum untuk kembali anda baca dalam koran online edisi Sabtu (30/6/2018). Mulai Biaya Masuk SMA/SMK Dikeluhkan, hingga Perayaan Yadnya Kasada :

  1. Debit Mengecil, Warga Lumbang Kesulitan Air Bersih

Pasuruan (wartabromo.com) – Debit mata air di kawasan lereng Gunung Bromo mengalami penurunan, memasuki musim kemarau kali ini. Sejumlah dusun di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan pun kesulitan air, hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai memberikan bantuan air.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengungkapkan, bantuan air bersih itu dilakukan sejak sehari sebelum lebaran lalu. Setidaknya terdapat tiga dusun di wilayah Desa Cukurguling, Kecamatan Lumbang, rutin mendapat asupan air. Simak Selengkapnya.

 

  1. Orangtua Dihimbau Tak Perlu Panik, Ini Cara Daftarkan Putra-putrinya Dapat Masuk Sekolah Negeri

Pasuruan (wartabromo.com) – Masa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dibuka. Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan menghimbau orangtua tak perlu panik anaknya tidak tertampung di sekolah seperti jenjang SMP saat ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan melalui Kabid Pendidikan Dasar, Hasbullah, saat ditemui di kantornya, menyatakan, kekhawatiran orang tua, dinilai lebih dikarenakan kurangnya pemahaman akan informasi PPDB. Padahal, menurutnya dalam buku panduan pada saat pendaftaran, semua informasi dapat diketahui. Simak Selengkapnya.

 

  1. Biaya Masuk SMA/SMK di Kabupaten Pasuruan Dikeluhkan

Pasuruan (wartabromo.com) – Orangtua/Wali murid keluhkan mahalnya biaya sekolah setelah putra-putrinya diterima di sejumlah SMA Negeri, di Kabupaten Pasuruan. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai jutaan rupiah.

Salah satu temuan, diantaranya diungkap oleh warga yang mengaku bernama Ratna. Menurutnya, ia sempat bersuka cita saat anaknya diterima di SMA Negeri Kejayaan. Sekedar diketahui, masa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan sederajat berakhir, dari jalur online yang dimulai sejak 25 Juni 2018 berakhir pada 28 Juni 2018, dini hari tadi. Simak Selengkapnya.

  1. Warga Siapkan Ongkek Yadnya Kasada

Probolinggo (wartabromo.com) – Warga Suku Tengger mulai mempersiapkan sejumlah sesaji (ongkek) menjelang perayaan Yadnya Kasada. Ongkek ini akan dilarung ke dalam kawah Gunung Bromo pada Sabtu (30/6/2018) dinihari nanti.

Persiapan Yadnya Kasada terus dilakukan oleh warga Suku Tengger, salah satunya dengan membuat ongkek atau sesaji. Seperti yang terlihat Desa Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pasa Jumat (29/6/2018). Warga sejak pagi tampak sibuk mempersiapkan rangkaian ragam sesaji. Simak Selengkapnya.

  1. Suguhan Budaya Nusantara di Laut Pasir Bromo

Probolinggo (wartabromo.com) – Jelang perayaraan Yadhya Kasada, sebuah parade budaya nusantara digelar di lautan pasir, Jumat (29/6/2018). Parade budaya bertajuk Eksotika Bromo ini agar kunjungan wisata di Bromo semakin meningkat.

“Event ini sebenarnya berawal dari lesunya pariwisata di Jawa Timur pasca peristiwa lumpur Lapindo. Sehingga ada konsep ada gula ada semut, gula itu adalah budaya atau even. Indonesia itu punya alam yang sangat bagus dan beragam budaya, sayang tidak bisa mengemas,” kata Heri Prasetya, panitia Eksotika Bromo. Simak Selengkapnya.