Gus Irsyad “Lengser” dari Kursi Bupati Pasuruan, Siapa Penggantinya?

1955


Pasuruan (wartabromo.com) – Tugas HM Irsyad Yusuf sebagai Bupati Pasuruan periode 2013-2018 purna, pada hari ini, Senin (09/07/2018). Hanya saja, kondisi ini masih menyisakan satu pertanyaan, siapa yang bakal meneruskan roda pemerintahan di Kabupaten Pasuruan?

Terlihat Gus Irsyad, panggilan akrabnya, bersiap-siap meninggalkan Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kabupaten Pasuruan. Senyum dan raut sukacita tetap saja mengembang di wajah calon Bupati periode 2018-2023 ini.

Ya, Irsyad harus meninggalkan pendopo lantaran harus “lengser” dari jabatannya sebagai Bupati Pasuruan. Tentu saja ia tidak sendirian, karena Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha pun, harus meninggalkan ruang kerja dan rumah dinas, yang selama lima tahun terakhir digunakan bekerja melayani masyarakat Pasuruan.

Baca Juga :   Tak Diberi THR, Buruh Diminta Lapor Disnaker

Saat masih berada di Pendopo, Irsyad mengatakan, roda pemerintahan Kabupaten Pasuruan akan dilanjutkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji.

“Hari ini saya terakhir menjabat sebagai Bupati Pasuruan. Dan untuk selanjutnya mulai besok, roda pemerintahan akan dikendalikan oleh Sekda. Ini saya baru menerima salinan SK Gubernur Jawa Timur,” jelasnya.

Dijelaskan, SK Gubernur Jawa Timur itu bernomor 131.424/660/011/2018 tentang Penunjukan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Pasuruan.

Dalam surat tersebut dijelaskan, untuk menghindari kekosongan Pimpinan Pemerintahan di Kabupaten Pasuruan dipandang perlu menunjuk Sekda Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan tugas sehari-hari Bupati Pasuruan sampai pelantikan Bupati Pasuruan terpilih periode 2018-2023.

Baca Juga :   Jadi Aset Desa, Coban Danyang Akan Dikelola BumDes

Setelah menggantikan posisi Bupati Pasuruan, dalam surat juga dijelaskan, Sekda Kabupaten Pasuruan mempunyai dua tugas penting, yakni melaksanakan tugas sehari-hari Bupati Pasuruan yang bersifat rutin dan memerlukan penanganan segera, serta melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Gubernur Jawa Timur. Irsyad optimis Sekda Kabupaten Pasuruan akan sanggup melaksanakan tugas sebagai pengganti dirinya, sampai pelantikan 20 September 2018 mendatang.

“Selamat bekerja untuk Pak Sekda. Semoga apa yang sudah saya dan Pak Wakil Bupati Pasuruan bisa dilanjutkan dengan sebaik-baiknya. Yang jelas, saya pamit dari jabatan Bupati Pasuruan Periode Pertama. Insya Allah saya akan kembali sebagai Bupati Pasuruan lagi dengan penuh semangat untuk memajukan Kabupaten Pasuruan,” ucapnya. (mil/ono)