Bondong-bondong Parpol Daftarkan Caleg Jagoan ke KPU Kota Pasuruan

0
204
ilustrasi Pemilu 2019

Pasuruan (wartabromo.com) – Hari terakhir pendaftaran calon legislatif (caleg) dimanfaatkan oleh partai politik di Kota Pasuruan untuk menyerahkan berkas jagoannya, Selasa (17/7/2018). Target tinggi dicanangkan beberapa partai untuk meraup suara rakyat pada Pemilu 2019.

Beberapa parpol yang menyerahkan nama caleg untuk bertarung memperebutkan kursi DPRD Kota Pasuruan untuk lima tahun kedepan, diantaranya PKB, PDI Perjuangan dan PKS.

Ketua DPC PKB Kota Pasuruan, Ismail Marzuki mengungkapkan minimal partainya bisa mempertahankan kursi yang telah didapat pada pada Pemilu sebelumnya.

“Minimal kita bisa mempertahankan mudah-mudahan. yang ada saat ini, syukur-syukur bisa lebih,” ujar Ismail sapaan akrabnya.

Total 30 bacaleg didaftarkan partai nomor urut satu tersebut pada hari ini. Mereka tersebar di empat daerah pemilihan (dapil) di Kota Pasuruan.

Dari 10 kursi yang berhasil diduduki kadernya pada Pileg 2014, kini hanya 8 kader PKB yang kembali maju pada Pileg 2019. Meski mengandalkan muka baru, dirinya optimis bisa mempertahankan kursi yang ada saat ini.

“Semuanya kita fokuskan, semuanya kita konsentrasi, semuanya kita jagokan,” imbuhnya.

Sedangkan PDI Perjuangan, menargetkan peningkatan perolehan suara sebanyak-banyaknya pada Pileg tahun depan. Ketua DPC PDI Perjuangan, Pranoto menegaskan, para kader yang akan terjun pada pileg tahun depan sangat berpotensi menambah perolehan kursi.

Partai nomor urut tiga ini, mendaftarkan 30 kader yang sudah berhasil lolos dari proses seleksi.

“Sesuai dengan kuota, Panggung 10, Bugul 4, Purworejo 9 dan Gading 7, itu saja kita buang karena kelebihan stok, kita mlakukan seleksi jadinyanya 30 orang ini, Optimis target kita sebanyak-banyaknya dari kursi yang ada saat ini, kalau dari elektabilitas calon-calon kita optimis paling tidak 200% lah kenaikan PDI Perjuangan,” tegas Pranoto.

Ketua DPD PKS Kota Pasuruan, Ismu Hardiyanto menyebut kader partainya yang akan turut ambil bagian pada Pileg 2019 mampu menjadi ujung tombak untuk mendongkrak perolehan kursi.

PKS menargetkan dua kali lipat perolehan kursi pada Pileg tahun depan.

“Targetnya, Kita lebih baik dari yang sekarang ini, sekarang kan tiga ya dari tiga menuju enam bukan hal yang mustahil,” ujar Ismu.

Sebanyak 30 kursi DPRD Kota Pasuruan akan diperebutkan oleh masing-masing kader yang akan bertarung pada Pileg 2019. (wil/ono)