Ini Solusi Sementara Kekeringan di Liprak Kidul

0
65


Probolinggo (wartabromo.com) – Kesulitan air di Desa Liprak Kidul, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, sedikit teratasi dengan kiriman air bersih dari Polres Probolinggo. Sebanyak 8 ribu liter dari kendaraan taktis water canon ludes dimanfaatkan warga.

Kapolres Probolinggo AKBP. Fadly Samad, menuturkan pengiriman air bersih itu dilakukan sejak Senin (16/7/2018) kemarin. Pengerahan kendaraan taktis itu dilakukan guna mengatasi kesulitan air warga desa setempat. Di Desa Liprak Kidul, 8.000 liter air bersih ini akan di salurkan 5 titik.

“Tentunya kita tidak bisa diam diri ketika ada warga yang mengalami kesulitan. Diharapkan bantuan air bersih ini bisa meringankan kesulitan air bersih warga di desa ini,” ujar Kapolres, Selasa (17/7/2018).

Dalam hitungan menit, ribuan liter air bersih itu sudah berpindah ke jerigen-jerigen milik warga. Sebab warga memang sudah antre dengan jerigen maupun ember untuk menerima air bersih.

“Ini hanya solusi sementara. Diharapkan pemerintah daerah nantinya bisa membuat sumur bor dan tempat penampungan air sehingga tidak lagi terjadi kekeringan,” katanya.

Kendaraan taktis untuk mengurai perusuh itu, menurut Fadly, memang dipersiapkan untuk mendroping air selama musim kemarau. Selain di Desa Liprak Kidul, Polres juga akan mengirimkan ke daerah lainnya. Sebab, ada beberapa kecamatan yang mengalami kekeringan yang datanya sudah masuk ke Polres Probolinggo. Diantaranya Kecamatan Bantaran, Banyuanyar, Tegal Siwalan dan Lumbang.

“Kita fungsikan water canon sebagai mobil droping air. Hal ini akan terus dilakukan sesuai dengan permintaan warga yang membutuhkan,” tandas mantan Kapolres Tuban ini. (cho/saw)