Ketika Parpol di Kabupaten Pasuruan Ramai-ramai Sodorkan Caleg di Hari Terakhir

0
223
ilustrasi Pemilu 2019

Pasuruan (wartabromo.com) – Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Pasuruan, ramai-ramai serahkan berkas daftar calon legislatif (caleg) di hari terakhir, Selasa (17/7/2018). Beragam strategi diungkap hingga manfaatkan Pilihan Presiden sebagai cara menangkan hati rakyat di Pemilu 2019.

Beberapa parpol yang menyerahkan nama-nama kader untuk dapat menduduki kursi DPRD Kabupaten Pasuruan, diantaranya PDI Perjuangan; Gerindra dan Perindo.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Andri Wahyudi mengungkap bakal meneruskan cara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upaya pemenangan nanti.

“Strateginya blusukan, semua caleg harus lakukan itu,” ungkap Andri Wahyudi.

Blusukan, dianggap sebagai cara tepat untuk merebut hati konstituen. Seperti yang selama ini dilakukan Jokowi, hingga dapat meraih simpati di kancah politik nasional.

Ditegaskan Andri, calon-calon yang diajukan juga memiliki kapasitas dan kredebilitas hingga sudah teruji dalam sebuah ‘pertempuran’ politik.

“Tinggal menyesuaikan dan menerapkan dengan strategi blusukan saja. Makanya secara realistis PDIP bisa meraup 10 kursi dari 50 kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan,” imbuh Andri.

Sedangkan Partai Gerindra, menyebut Pileg yang bersamaan dengan Pilpres, bisa menjadi momentum meraih kursi sebanyak-banyaknya. Ketua Gerindra Kabupaten Pasuruan, Sutrisno menyatakan, majunya Prabowo Subianto (Ketua Umum Gerindra) di Pilpres jadi momentum untuk bisa meraih 14 kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan.

“Selain itu, calon kami kwalitasnya juga bagus-bagus dan siap bertarung, tinggal mendorong serta mensupport saja,” timpal Sutrisno.

Sementara Partai Perindo meyakini mampu mendapatkan 30% atau 15 kursi dari 50 kursi DPRD Kabupaten Pasuruan dalam Pemilu nanti. Parpol besutan Harry Tanoe itu menegaskan, perangkat atau mesin politik di struktur partai telah massif dan siap mendulang suara rakyat.

“Targetnya 15 kursi. Kami yakin bisa meraihnya. Karena perangkat serta kader yang diajukan sangat siap untuk bertarung,” kata Ketua Perindo Kabupaten Pasuruan, Bambang Heri Purnomo.

Dalam Pemilu 2014 lalu, 50 kursi DPRD Kabupaten Pasuruan, PKB merebut 12 kursi;  PDI Perjuangan mendudukkan 7 wakilnya; Gerindra ada 7 kursi; Nasdem memperoleh 6 kursi; Demokrat mendapatkan 6 kursi; Golkar hanya meraih 5 kursi, PPP dan PKS masing-masing mendapat 3 kursi; dan paling buncit perolehan kursi diperoleh Hanura, hanya 1 kursi. (hrj/ono)