Seorang Nenek Asal Wonorejo Berusia 94 Tahun, Tertua dari Ribuan Jamaah Haji di Kabupaten Pasuruan

0
203

Pasuruan (wartabromo.com) – Satu dari 1.201 Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Pasuruan terbilang tertua. Jamaah yang dipastikan berangkat ke tanah suci itu berusia 94 tahun.

Dari catatan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan, jamaah tertua itu bernama Halimah Abdulloh Kosim, tercatat sebagai warga Dusun Ngujung, Desa Sambisirah, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan.

Halimah disebut-sebut sebagai CJH tertua diantara ribuan jamaah lainnya, karena lahir pada 5 Juni 1924. Bila dihitung dari tanggal lahir itu, maka usia sang nenek lebih dari 94 tahun saat pemberangkatan nanti.

“Ibu Halimah akan berangkat dengan kloter (kelompok terbang) 17,” ujar seorang staf di Kemenag Kabupaten Pasuruan, Selasa (17/7/2018).

Selain itu terungkap, jamaah dengan usia termuda tercatat pada seorang bernama Khansa Eda Hananny, remaja putri asal Rungkut Kidul, Surabaya, yang diketahui lahir pada 30 Juni 2000 atau lebih 18 tahun, turut berangkat ke tanah suci bersama-sama ribuan jamaah di Kabupaten Pasuruan.

Diketahui, sebanyak 1.201 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan dipastikan berangkat haji. 94 jamaah diantaranya memutuskan mutasi berangkat ke tanah suci, melalui daerah di luar Kabupaten Pasuruan.

Puluhan jamaah mutasi keluar tersebut diketahui dari data pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap 1 dan tahap 2 lalu. Selain mutasi keluar, ada pula 24 CJH dari Malang, Surabaya, Kota Pasuruan, Sidoarjo dan Probolinggo yang mutasi masuk dan berangkat dari Kabupaten Pasuruan. (ono/ono)