Garuda dan PKPI Tak Kirim Jagoannya di Probolinggo

799


Probolinggo (wartabromo.com) – DPRD Kabupaten dan Kota Probolinggo dipastikan tak mempunyai wakil dari Partai Garuda dan PKPI (Partai Keadilan Persatuan Indonesia). Pasalnya 2 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 itu, tak mendaftarkan Bacaleg (bakal calon legislatif) ke KPU, hingga batas akhir pendaftaran, Selasa (17/7/2018) pukul 00.00 WIB.

Di Kabupaten Probolinggo, partai yang pertama mendaftar adalah Partai NasDem yakni pada Senin (16/7/2018). Kemudian pada Selasa (17/8/2018), ada 13 parpol secara berurutan mendaftar di hari terakhir itu.

“Dua partai itu tak mendaftarkan bacalegnya, meski kepengurusannya ada,” kata M. Isfak Yulianto, komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Probolinggo, Kamis (19/7/2018).

Hal yang sama juga terjadi di Kota Probolinggo. Dimana dua parpol yang lolos di tingkat nasional ini tak mengirimkan jagoannya di Pileg 2019.

Baca Juga :   Tahura R Soerjo: 575 Hektar Hutan Terbakar

“PKPI tidak hadir. Garuda tidak hadir. Tapi secara nasional mereka lolos sebagai peserta pemilu,” ungkap ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri.

Di Kota Mangga ini, 4 parpol yaitu Partai Golkar, PDIP, NasDem dan Perindo, datang ke KPU pada Senin (16/7/2018). Sisanya, yakni Partai Demokrat, PKB, PKS, PAN, Gerindra, PPP, Berkarya, PSI, PBB, dan Partai Hanura, datang mendaftar Selasa (17/7/2018).

Dengan tak adanya Bacaleg partai Garuda dan PKPI dalam daftar, maka dipastikan tak ada legislator dari kedua partai ini di kursi dewan. Baik itu di DPRD Kabupaten Probolinggo maupun DPRD Kota Probolinggo.

Diketahui, ada 20 partai politik yang terdaftar sebagai peserta dalam Pileg 2019 nanti. Ada 16 parpol yang bertarung memperebutkan suata rakyat secara nasional. Sedangkan 4 partai politik lainnya adalah partai lokal yang bertarung di Nangroe Aceh Darussalam (NAD). (saw/saw)