1.143 CJH asal Kabupaten Pasuruan Dilepas ke Tanah Suci

0
1514

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 1.143 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan, berangkat menunaikan ibadah haji, Minggu (22/07/2018) pagi. Jamaah terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), menuju tanah suci Mekkah.

Tepat pukul 06.00 WIB, ribuan tamu Allah SWT tersebut dilepas dan diberangkatkan dari Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan di Jl Raya Raci Bangil.

Dijelaskan, CJH Kabupaten Pasuruan berangkat melalui tiga kloter, yakni 17 (445 jamaah), 18 (445 jamaah) dan 19 (251 jamaah).

“Seluruh jamaah kita berangkatkan pagi ini semua, meski nantinya ketika di Asrama Haji Sukolilo, jadwal masuknya tidak sama,” ujar As’adul Anam, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan.

Perbedaan jadwal masuk itu dicontohkan, salah satunya pada Kloter 19, yang bisa masuk jam 13.00 WIB, sebagaimana aturan yang sudah ditetapkan oleh Kanil maupun Kementrian Agama Pusat.

Begitu pun dengan jadwal keberangkatan menuju Tanah Suci Mekkah. Kata Anam, untuk kloter 17 akan diberangkatkan pada 23 Juli 2018 pukul 06.45 WIB; kemudian kloter 18 berangkat pada pukul 10.00 WIB; sedangkan kloter 19 akan diberangkatkan pukul 13.30 WIB.

“Berangkat ke Mekkah-nya hanya berbeda jam saja, tapi kalau untuk tanggalnya sama semua, yakni 23 Juli 2018,” terangnya.

Ditambahkan Anam, sebelum mencapai 1143 jamaah yang berangkat haji melalui Kabupaten Pasuruan, jumlah CJH lunas tahap I dan II sebanyak 1178 jamaah.

Selama proses pelunasan hingga tahapan kepengurusan visa, paspor dan kebutuhan haji lainnya, CJH dari daerah lain memutuskan berangkat melalui Kabupaten Pasuruan sebanyak 24 jamaah, plus ditambah jamaah cadangan sebanyak 26 orang, dan jamaah cadangan bergerak sebanyak 8 jamaah plus 8 orang TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

“Jumlah jamaah kita berkurang 101 orang, yang mutasi keluar atau memutuskan berangkat haji melalui daerah lain. Itu adalah hak preogratif mereka,” ungkap Anam.

Sementara itu, Plh Bupati Pasuruan, Agus Sutiadji menghimbau para jamaah untuk menjaga kesehatan selama menjalankan serangkaian rukun haji.

“Yang saya dengar cuaca di Mekkah sedang panas-panasnya, sehingga saya harap untuk semua jamaah agar bisa menjaga kesehatan. Kalau cuacanya panas, berarti intensitas minumnya harus diperbanyak agar tidak mengalami dehidrasi. Akan tetapi, Insya Allah kalau kita niatkan betul untuk ibadah, Allah SWT akan memberikan kelancaran pada kita semua,” ucap Agus, sesaat sebelum memberangkatkan para jamaah haji Kabupaten Pasuruan.

Selain Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pasuruan, Agus Sutiadji, proses pelepasan jamaah juga terlihat, diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Nurul Huda, Rois Surya PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Muzakki Birrul Alim, dan Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin. (mil/ono)