Mayoritas Bacaleg di Kabupaten Probolinggo Belum Penuhi Keterangan Sehat Rohani

0
313

Probolinggo (wartabromo.com) – Ratusan bakal calon legislatif (Bacaleg) akan berebut, mengisi 50 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo pada Pileg 2019 nanti. Sayang banyak diantara mereka yang masuk kategori Belum Memenuhi Syarat (BMS) utamanya surat sehat rohani.

Sebanyak 577 mendaftar sebagai Bacaleg ke KPU Kabupaten Probolinggo pada pekan lalu. Rinciannya, 388 atau 58,58 persen Bacaleg pria. Sementara Bacaleg peremouan mencaoai 239 atau 41,42 persen. Mereka akan memperebutkan 50 kursi di parlemen.

“Untuk perwakilan perempuan sudah melebihi persyaratan,” ujar komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Isfak Yulianto, Senin (23/7/2018).

Namun sayangnya, hingga kini masih banyak Bacaleg yang dinyatakan BMS oleh KPU. Mayoritas Bacaleg dinyatakan BMS dalam persyaratan sehat rohani yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Sayang Isfak tak menyebutkan angka pastinya. Namun mereka masih punya kesempatan untuk melengkapinya hingga 31 Juli nanti.

“Rata-rata yang terdaftar dinyatakan BMS, karena belum memenuhi syarat sehat rohani dari rumah sakit atau puskesmas. Ada pula yang belum menyerahkan legalisir ijazahnya. Mereka masih mempunyai kesempatan untuk melengkapinya dalam masa perbaikan ini,” tuturnya pria yang menangani Divisi Teknis ini.

Pada pendafataran Bacaleg yang ditutup pada 17 Juli lalu itu, ada 14 parpol yang menyetorkan nama-nama perwakilannya. Ada 7 parpol yang mendaftaran calegnya maksimal 50 calon, yakni partai PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Demokrat. Sementara partai Berkarya hanya mendaftarkan 34 caleg, PKS 33 caleg, Perindo 41 caleg, PSI 15 caleg, PAN 44 caleg, partai Hanura 39 caleg dan PBB 21 caleg. (cho/saw)