5 Lomba “Agustusan” Legendaris

1702

Pasuruan (wartabromo.com) – Jelang perayaan Kemerdekaan, seluruh masyarakat Indonesia akan sibuk membuat berbagai macam kegiatan lomba. Mulai dari lomba antar RT, hingga lomba antar karyawan di berbagai instansi.

Berbagai macam kegiatan yang menjadi tradisi unik di lingkungan warga, diantaranya  Syukuran, hingga menyemarakkan kemerdekaan dengan berbagai lomba.

Beberapa Lomba Agustusan dari zaman dahulu hingga sekarang tidak terbatas usia. Mulai dari Bapak-bapak, Ibu-ibu hingga Anak-anak ikut mengambil bagian dalam pesta rakyat ini dengan berbagai macam bentuk perlombaan.

Nah, Apa saja lomba yang hampir selalu ada di perayaan “Agustusan”? Berikut lima lomba legendaris yang unik dan seru tersebut :

1. Lomba Balap Karung

Lomba Balap Karung merupakan salah satu lomba yang ada sejak zaman dahulu kala yang paling disukai dan digemari. Perbedaan Lomba Balap Karung jaman dahulu dan sekarang yaitu pada karung yang digunakan. Jika jaman dahulu menggunakan karung Goni sedangkan sekarang kebanyakan menggunakan karung plastik.

Baca Juga :   Presiden Jokowi ke Pasuruan, Penutupan Jalur Dilakukan Tidak Secara Total

Bukan hanya itu, karung yang dipakai tidak hanya sebatas  pinggang peserta, namun juga sampai leher. Saat ini lomba balap karung masih sangat diminati dengan berbagai macam variasi.

2. Lomba Panjat Pinang

Lomba ini masuk dalam lomba yang memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi. Karena peserta harus memanjat pohon pinang yang sebelumnya dilumuri oli. Pohon pinang yang tinggi membuat para peserta harus kompak untuk mengambil hadiah yang letaknya ada di ujung pohon.

Tak jarang Lomba Panjat Pinang selalu menarik perhatian para penonton dan mengundang gelak tawa penontonnya.

3. Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan kerupuk terbilang menjadi lomba yang selalu ada saat perhelatan lomba 17 Agustus dari jaman dahulu hingga sekarang. Namun bedanya, kerupuk yang digunakan biasanya ditaburi kecap atau sambal diatasnya agar lebih menghibur.

Baca Juga :   Sehari, 5 Perusahaan Diunjuk Rasa Para Buruhnya

4. Lomba Perang Bantal

Lomba Perang Bantal merupakan lomba yang cukup sulit bagi para peserta, karena mereka harus berhadapan satu lawan satu menggunakan bantal sebagai senjatanya.

Siapa yang jatuh ke dalam air terlebih dulu dinyatakan kalah. Menariknya, terkadang kedua peserta sama-sama jatuh saat lomba tersebut yang membuat lomba harus diulang lagi dari awal. Lomba ini membutuhkan keseimbangan tubuh yang tinggi.

5. Lomba Balap Kelereng

Lomba ini selalu ada dan kebanyakan diikuti anak-anak. Memindahkan kelereng menggunakan sendok memerlukan kesabaran dan keseimbangan agar kelereng tidak jatuh. (wil/may)