Astronom Temukan Planet “Nakal” Tak Mengorbit Bintang

1156

Astronom menemukan satu planet di luar tata surya yang berukuran 12 kali lebih besar dari Jupiter. Planet temuan terbaru ini pun terbilang langka, karena tidak mengorbit pada bintang apa pun.

Dilansir dari VOA Indonesia, planet “nakal” ini tidak mengelilingi bintang, melainkan berputar di sekitar pusat galaksi di ruang antar-bintang.

Menurut astronom, hanya ada beberapa planet ‘nakal’ yang berhasil ditemukan hingga saat ini. Mereka memperkirakan, meski terbilang langka, ada banyak planet lain semacam itu di alam semesta yang belum ditemukan.

Massa planet yang baru ditemukan itu sebenarnya diketahui pada 2016 lalu, namun terus dikembangkan penelitiannya hingga Agustus ini.

Menurut penelitian baru yang terbit dalam Astrophysical Journal, objek itu kini dianggap sebagai planet yang berdiri sendiri, dengan medan magnet yang sangat kuat.

Baca Juga :   Pasca Banjir Bandang, Tantri Ajak OPD Benahi Tiris

Astronom mengatakan medan magnet planet baru itu, disebut SIMP J01365663 + 0933473, lebih dari 200 kali lebih kuat dari medan magnet Jupiter. Kuatnya medan magnet inilah yang kemungkinan besar menyebabkan planet itu terdeteksi oleh teleskop radio besar di New Mexico yang dikenal sebagai Karl G. Jansky Very Large Array (VLA), National Science Foundation.

Dilanjutkan, Planet itu diperkirakan berumur 200 juta tahun dan berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi.(voa/may)