Kikis Kesenjangan, Pemkot Pasuruan Akan Bangun Tempat Rekreasi di Pesisir Utara

2078

Pasuruan (wartabromo.com) -Pemerintah Kota Pasuruan berencana membangun tempat rekreasi di kawasan utara Kota Pasuruan. Upaya itu dilakukan untuk mengurangi kesenjangan antara wilayah selatan dan utara.

Walikota Pasuruan, Setiyono mengungkapkan, keinginan itu didasarkan pada proyeksi pengembangan, setelah menilai masih terdapat ketimpangan sosial di wilayah yang dipimpinnya.

“Secepatnya kami akan membangun tempat rekreasi di kawasan utara Kota Pasuruan. Tujuannya supaya tak ada disparitas wilayah, antara wilayah selatan dan pesisir Kota Pasuruan,” ujar Setiyono, usai penyerahan bantuan ke anak yatim, akhir pekan lalu.

Pemerataan bagian dari ancangannya, sehingga iapun menilai secara tidak langsung masyarakat sekitar, secara sosial ekonomi nantinya mendapatkan manfaatnya. Diperkirakan, dengan taman rekreasi itu, bakal menjadi titik awal terbukanya sektor usaha untuk warga di pesisir utara.

Baca Juga :   Air Mata Sejarah dari Rakhine

“Wilayah utara harus banyak inovasi pembangunan dan pengembangan. Supaya juga kultur masyarakat bisa berubah,” imbuhnya.

Diungkapkan Setiyono, pembangunan tempat rekreasi akan menempati lahan dengan luas mencapai 6 hektar di sekitar kawasan TPI dan PPI. Lokasi ini bisa dibilang langsung berada di bibir pantai, yang juga termasuk areal Pelabuhan Kota Pasuruan.

“Lahan sudah siap, di wilayah Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo. Jika sudah dibangun, saya minta masyarakat turut menjaga serta merawatnya,” pungkas Setiyono.

Sejumlah warga Kota menanggapi beragam, saat mengetahui rencana pembuatan taman rekreasi dikaitkan dengan upaya mengikis kesenjangan sosial antara warga di wilayah selatan dan utara Kota Pasuruan.

“Bagus juga sih. Tapi, ukurannya apa, taman rekreasi bisa jadi cara mengurangi disparitas sosial,” ujar Mansur, warga Kelurahan Trajeng, Kota Pasuruan, Senin (13/8/2018). (ono/ono)