Bendera Raksasa Dibentangkan di Lautan Pasir

0
745
RAKSASA - Bendera merah putih membentang di lautan pasir Bromo, Selasa (14/8/2018). Bendera berukuran 100x150 meter ini dibentangkan di Hari Pramuka sekaligus sambut Kemerdekaan RI ke-73.

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebuah bendera raksasa dibentangkan di lautan pasir Bromo pada Selasa (14/8/2018). Bendera ini melengkapi 2018 bendera yang ditancapkan di patok pembatas jalur lautan pasir.

Ada yang berbeda dengan peringatan Hari Pramuka Indonesia ke 57 serta menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo. Pelajar, kepolisian, TNI, Tagana, pemerintah daerah dan warga Suku Tengger, menggelar apel secara besar-besaran di lautan pasir Bromo. Masyarakat Tengger yang mengikuti apel itu, menggunakan pakaian adat.

RAKSASA – Bendera merah putih saat dibentang di lautan pasir Bromo, Selasa (14/8/2018). Bendera raksasa ini melengkapi jumlah 2.018 yang dipasang sebelumnya, rayakan Hari Pramuka sekaligus sambut Kemerdekaan RI ke-73.

Bahkan sebuah bendera merah putih berukuran 100×150 meter dibentangkan usai apel bendera. Bendera ini dipanggul oleh 40 anggota Polres Probolinggo. Bendera merah putih tersebut melengkapi 2.018 bendera yang ditancapkan di patok pembatas jalur lautan pasir.

“Tengger itu sebuah miniatur kemajemukan dan kebhinekaan Indonesia. Apapun agamanya mereka, apapun yang diyakini mereka, dibungkus yang namanya Tengger semua warga kompak bergotong royong membangun Kebhinekaan disini. Jadi inilah simbol kebhinekaan yang sudah sejak lama ada, bahkan sebelum saya lahir,” ujar tokoh masyarakat Tengger, Suroyo.

Penancapan bendera sebanyak 2.018 dan bendera raksasa itu diyakini mampu menjadi perekat Bangsa Indonesia. Dengan segala keanekaragamannya, kawasan Suku Tengger di Kabupaten Probolinggo, selama ini hidup berdampingan dengan harmoni indah. Meski terdiri dari berbagai macam kepercayaan dan keyakinan.

“Dengan angka 2.018, semoga angka ini membawa rahmat bagi kita semua. Berharap masyakarat Tengger dan Kabupaten Probolinggo aman. Ya, semoga membawa kesejahteraan bagi kita semuanya,” kata Plh. Sekda Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono. (fng/saw)