Rukmini Cek Kesiapan Kelurahan Terkait Layanan Kependudukan

0
266
Walikota Probolinggo, Rukmini saat cek kesiapan layanan kependudukan di Kelurahan Pohsangit Kidul, Selasa (14/8/2018). Foto: Gufron.

Probolinggo (wartabromo.com) – Walikota Probolinggo, Rukmini, cek kesiapan Kelurahan berikan layanan kependudukan kepada warga, Selasa (14/8/2018). Upaya dilakukan, menyusul rencana pengembangan pelayanan kependudukan, langsung di tingkat kelurahan.

Bersama rombongan, Rukmini lakukan pengecekan salah satunya di Kelurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Wonoasih. Terlihat, Walikota yang akan berakhir masa jabatannya itu, menuju meja operator pelayanan administrasi dan melihat aplikasi data di komputer. Bahkan, Rukmini mencoba praktek, mencetak salah satu data kependudukan.

Walikota perempuan ini menegaskan, Kota Probolinggo siap berikan layanan administrasi kependudukan, cukup di tingkat Kelurahan, sehingga mempermudah masyarakat dalam kepengurusan KTP atau administrasi kependudukan lain. “Jadi masyarakat yang hendak membuat KTP tidak perlu lagi jauh-jauh ke Dispenduk capil untuk melakukan administrasi,” jelasnya.

Pengecekan ini sengaja ia konsentrasikan di wilayah selatan. Populasi penduduk di wilayah selatan tergolong terbesar, diantara wilayah lain menjadi alasan Rukmini terjun langsung lakukan monitoring.

“Jika (wilayah selatan) sudah bisa melakukan layanan ini, maka kelurahan yang berada di daerah dekat kota juga pasti bisa,” katanya.

Sedangkan Kepala Dispenduk Capil, Tartib Goenawan, mengungkapkan, saat ini seluruh kelurahan di wilayah Kota Probolinggo sudah membuka setidaknya dua layanan, yakni, mengurus akta kelahiran dan akta kematian. Meski terbatas, pihaknya memastikan, kedepan bakal terus melakukan pengembangan, seperti layanan KTP yang langsung dapat diterbitkan di tingkat kelurahan.

β€œIni akan bertahap, targetnya semua layanan administasi kependudukan bisa dilakukan di kelurahan, sehingga masyarakat lebih mudah mengakses data kependudukannya,” ungkap Tartib.

Dari pantauan, beranjak dari Pohsangit Kidul, Rukmini beserta rombongan melanjutkan aksi monitoring ke Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok. (fng/ono)