Libur Kemerdekaan, Pendakian Jalur Semeru Full Booked

1415

Lumajang (wartabromo.com) – Keindahan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang sepertinya benar-benar menjadi primadona. Pendaki dan pecinta alam bakal padati puncak Gunung Semeru, rayakan kemerdekaan.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), selaku pengelola Gunung Semeru tak menutup jalur pendakian, selama libur kemerdekaan. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh pendaki dan pengunjung untuk merayakannya. Di gunung setinggi 3.676 mdpl itu, ada beberapa spot yang dapat dinikmati disana, seperti Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan puncak Mahameru.

Untuk saat ini, kuota pendakian sebanyak 600 orang selama libur kemerdekaan telah habis dipesan. Kuota itu dubuka sejak tanggal 14-19 Agustus 2018. “Kuota pendakian Semeru sudah penuh, bahkan jauh-jauh hari sudah dibooking,” kata Kepala Bidang Tekhnis Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pujiati, Kamis (16/8/2018).

Baca Juga :   Gus Ipul : Seribu Persen Saya Tolak Calon Tunggal

Ia mengatakan untuk pendaftaran pendakian juga sudah dilakukan secara online. “Kuota tersebut, sudah berdasarkan perhitungan kami, terkait dengan daya dukung pendakian itu sendiri,” ujar wanita berkacamata itu.

Kepada para pendaki, Puji berpesan agar senantiasa menjaga keselamatan. Selain itu, pihaknya juga menghimbau pada pendaki untuk menjaga kebersihan, dengan membawa turun kembali sampah selama mendaki. “Jadi intinya pendakian semeru itu bisa zero accident dan tetap bersih dari sampah,” tandasnya. (lai/saw)