Warga Besuk Luka Parah Tertimpa Batang Pohon

0
431
Pohon di Makam yang ditebang tukang kayu, Kamis (16/8/2018). (Foto : Sundari AW)

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebuah kecelakaan kerja terjadi Desa Pasembon, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, pada Kamis (16/7/2018). Seorang pemotong kayu mengalami luka parah pasca terkena batang pohon.

Informasi yang diterima wartabromo.com, korban yang terjatuh diketahui bernama Sunar (54), warga Desa Alas Tengah, Kecamatan Besuk. Sekitar pukul 08.30, ia memotong kayu nagger setinggi 10 meter di area pemakaman umum Dusun Kajen RT 03 RW 01 Dusun Pasembon, Kecamatan Kotaanyar. Untuk keamanan, korban mengikat dirinya dengan menggunakan tampar plastik.

Sementara dua rekannya, yakni Ahmad Yono (37) dan Enjo (49), warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, berada di bawah. Keduanya memindahkan dahan dan ranting yang sudah dipotong korban.

Sekitar pukul 09.30, korban beranjak dari dahan yang telah dipotong ke dahan lainnya. Dengan menggunakan mesin gergaji kayu ia memotong bagian dahan, dengan berpijak pada sebuah dahan. Pada saat dahan yang dipotong patah, bersamaan dengan itu pula bagian dahan yang berada diatas tubuh korban ikut patah juga.

“Mungkin dahan itu, kering dan ndak kuat sehingga mengenai dia,” tutur Enjo, yang merupakan pedagang kayu.

Akibat terkena hantaman dahan kayu itu, korban langsung pingsan. Ia terluka pada kepala bagian belakang dan lecet pada lengan sebelah kiri. Beruntung saat pingsan itu, ia terikat dengan tali plastik. Sehingga korban tidak terlempar ke bawah tanah.

“Untung masih terikat dengan tali tampar,” tambah Enjo.

Oleh rekannya, korban kemudian dibawah ke Rumah Sakit Rizani Paiton untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Polisi yang mendapat laporan kecelakaan kerja itu, kemudian mendatangi TKP. Serta memintai keterangan sejumlah saksi-saksi.

“Dugaan sementara, korban ini tidak hati-hati saat bekerja. Beruntung kejadian itu tak sampai membuat korban meninggal dunia,” kata Kapolsek Kotaanyar, AKP. Noer Choiri. (saw/saw)