Mahasiswa KKN 04 Universitas Yudharta Latih Warga Kapasan Kelola Ikan

0
425
Mahasiswa KKN 04 Universitas Yudharta saat melatih Warga Kapasan mengolah Ikan, Minggu (19/8/2018).

Nguling (wartabromo.com) – Mahasiswa KKN 04 Universitas Yudharta Pasuruan gelar pelatihan pengelolahan hasil ikan laut di Desa Kapasan, Kecamat Nguling, Kabupaten Pasuruan. Pelatihan untuk meningkatkan perekonomian warga desa.

Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan warga sekitar berkumpul di Balai Desa Kapasan. Warga terlihat antusias saat para mahasiswa KKN ini memberikan ide mengenai pengelolahan hasil laut khususnya ikan sesek.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan penghasilan warga kapasan dan berharap supaya nantinya muncul banyak home industri yang dapat meningkatkan kemakmuran Desa Kapasan sendiri,” tutur Mohammad Aris, Ketua Panitia, Minggu (19/8/2018)

Dalam pelatihan tersebut, selain tentang pengelolahan, peserta KKN juga melatih cara pengemasan produk yang baik, sehingga layak untuk dipasarkan. Pelatihan itu pun disertai dengan praktik dan menyediakan beberapa perlengkapan seperti bumbu, kemasan dan alat pres.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada anak-anak KKN karena dengan kegiatan ini dapat memotivasi warga dalam pengelolahan hasil komoditi lautnya dan dapat mengembangkan desa Kapasan,” ujarnya Artho, Kepala Desa Kapasan.

Dikatakan, selama ini warga yang mayoritas sebagai nelayan itu biasanya hanya menjual hasil tangkapannya tanpa diolah terlebih dahulu. Jika diolahpun, ikan hanya sebatas dikeringkan, tanpa diberi bumbu-bumbu yang menambah cita rasa ikan, atau tanpa packaging yang baik.

“Mudah-mudahan dari hasil pelatihan ini warga dapat mengambil inovasi dan dapat diteruskan nantinya,” ujar Lilik , warga Kapasan. (shb/may)