Penggergajian Kayu di Kraksaan Terbakar

1556

Kraksaan (wartabromo.com) – Kebakaran terjadi pada gudang dan penggergajian kayu di Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Senin (3/9/2018). Ratusan juta rupiah menjadi abu dalam peristiwa tersebut.

Tempat usaha milik Mieke Wijaya di pinggir jalan raya Panglima Sudirman, Kelurahan Kraksaan Wetan itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, gudang dalam kondisi sepi. “Tidak ada orang, pekerja sudah pulang, sekitar pukul 16.00 WIB, sore tadi,” tutur Ivonne Hioe (4), menantu Mieke Wijaya.

Ivonne mengaku tak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Yang ia tahu, api sudah membesar. “Saya itu habis mandi, kok melihat bagian belakang gudang ada kepulan asap pekat. Saya langsung cek, ternyata sudah besar apinya. Saya pun langsung teriak minta tolong,” ungkapnya.

Baca Juga :   Warga Curah Dukuh Blokir Tol Rembang-Pasuruan

Tak berapa lama, mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkab Probolinggo datang ke lokasi. Usaha itu tak sepenuhnya menolong, sebab api sudah membesar. Barang mudah terbakar, ditambah angin berembus kencang, api pun cepat membesar. Sehingga api dengan cepat melalap kayu-kayu itu. Api dapat dijinakkan oleh petugas damkar sekitar pukul 19.00 WIB.

Meski tak ada korban jiwa, pemilik usaha mengalami kerugian diatas 100 juta. Ivonne menyebutkan, mesin gergaji, yang turut terbakar berkisar senilai Rp 50 juta, belum lagi kayu dan bangunan.

“Mungkin sekitar seratus juta lebih,” kata Ivonne memperkirakan.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Minimnya saksi mata menyulitkan polisi untuk menentukan awal munculnya titik api. “Kami masih akan selidiki penyebab kebakaran ini. Dugaan sementara, belum bisa pastikan,” kata Kapolsek Kraksaan Kompol Djoko Juwono. (saw/saw)