Kyai Sholeh Tak Berpolitik, Santri Bebas Pilih Presiden

3596

Purwodadi (wartabromo.com) – Pengasuh Ponpes Ngalah Sengon Agung Purwosari Kabupaten Pasuruan, KH. Sholeh Bahrudin akui tetap netral dalam berpolitik dan bebaskan pilihan jamaahnya pada Pilpres 2019 mendatang.

Kyai kharismatik ini memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih salah satu dari calon Presiden dan Wakil Presiden meskipun diketahui salah satu Cawapres yang maju adalah tokoh NU yakni Rois Am PBNU, KH. Ma’ruf Amin.

“Sekarang kan musim e Politik. Monggo silahkan bebas milih Presiden. Kulo tetap netral, bebas nyoblos sinten mawon, ” ujar KH. Sholeh Bahrudin saat memberikan ceramahnya di acara rutinan Dzikrul Ghofilin di Purwodadi, Minggu (9/9/2018).

Dijelaskannya, dirinya bersama keluarga lebih memilih untuk netral agar tidak menimbulkan kegaduhan karena perbedaan pilihan yang menjadi hak pribadi masing – masing.

“Ben rukun. Kulo sak keluarga tetap gak melu-melu politik. Ngaji ae (ngaji saja, red). “tambah kyai yang memiliki ribuan santri dan jamaah pengajian rutinan ini.

KH. Sholeh Bahrudin merupakan sosok ulama kharismatik di wilayah Pasuruan yang berhasil mendirikan lembaga pendidikan berjenjang mulai dari tingkat TK sampai Perguruan Tinggi yakni Yayasan Darut Taqwa dan Universitas Yudharta Pasuruan.

Sikap bijak dan plurasimenya serta netralitasnya dalam politik praktis membuat banyak pihak termasuk tokoh – tokoh agama sangat menghormati dirinya. (yog/yog)