K-2 Dapat Kuota 12 Kursi di Penerimaan CPNS Kota Probolinggo

0
1679
Walikota Probolinggo, Rukmini berbincang dengan sejumlah pegawai Pemkot Probolinggo dalam satu acara. Foto untuk ilustrasi.

Probolinggo (wartabromo.com) – Rekrutmen CPNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo dipastikan akan digelar tahun ini. Dari 124 formasi, 12 kursi dialokasikan bagi K-2 atau Tenaga Honorer Kategori II.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa menuturkan, untuk tahun ini, Pemkot mengusulkan 444 kursi. Namun, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hanya menyetujui sebanyak 124 kursi saja.

“Lebih sedikit dari yang kota usulkan,” ujarnya, Selasa (11/9/2018).

Ia menuturkan dari 124 formasi itu, mayoritas untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan. Rinciannya, 50 kursi untuk guru dan 35 kursi untuk tenaga kesehatan. Kemudian 12 formasi untuk honorer K-2 dan 27 formasi untuk tenaga teknis. “Kepada eks K-2 yang tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS, tidak usah kecil hati. Nanti dapat mengikuti seleksi sebagai PPPK, setelah PP-nya ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Untuk formasi guru, dibagi menjadi empat kategori. Pertama, meliputi guru berijazah S-1 PGSD sebanyak 20 orang; guru agama 18 orang; guru pendidikan jasmani 2 orang; serta guru bahasa Indonesia dan sastra 10 orang.

Sementara untuk tenaga kesehatan terdiri dari 13 dokter umum; 18 perawat; laborat kesehatan 2 orang; dan dokter spesialis 2 orang.

“Dua kursi untuk formasi dokter spesialis yang dibutuhkan, masing-masing satu orang untuk dokter spesialis jiwa dan dokter spesialis rehabilitasi medik. Detail pendaftarannya masih akan dirapatkan di BKN Provinsi Jawa Timur, Rabu besok,” terang Deta. (saw/saw)