Jurnalis Grebek Yatim Piatu

0
340
Wartawan saat memberikan santunan kepada anak yatim piatu, Rabu (19/9/2018).

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejumlah pewarta di Kota Kraksaan berbagi kebahagiaan dengan anak yatim piatu di 3 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Rabu (19/9/2018). Aksi sosial ini dilakukan menjelang peringatan 10 Muharram 1440 H.

Anak-anak yatim piatu yang mendapat santunan pun tersenyum. Mereka yang ditinggal oleh orang tua sejak usia bayi itu, mengaku bahagia mendapat perhatian dari para jurnalis.

“Buat beli buku dan alat tulis. Terima kasih kakak-kakak wartawan,” ujar Hikmatul Mufidah, siswa kelas SDN Rawan, Kecamatan Krejengan.

Menurut Humas Pokja Jurnalis Kraksaan, Sundari Adi Wardhana, berbagi santunan itu dilakukan di 3 Kecamatan. Yakni di Desa Alassumur Lor, Kecamatan Besuk; Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan dan Desa Rawan, Kecamatan Krejengan. Ada belasan yatim piatu yang disantuni.

“Alhamdulillah dengan kekompakan rekan-rekan Pokja Jurnalis Kraksaan bisa menyantuni anak yatim. Aksi ini spontanitas dan biasa dilakukan rekan-rekan dengan secara swadaya. Apalagi dalam agama Islam, memang dianjurkan untuk menyantuni yatim piatu,” tuturnya.

Berbagi dengan yatim piatu, bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Pokja Jurnalis Kraksaan. Sebelumnya, aksi-aksi sosial itu dilakukan dalam beberapa kegiatan. Biasanya dilakukan bersamaan dengan program kerja Pokja Jurnalis Kraksaan.

“Namun kali ini, rekan-rekan memilih mendatangi mereka di sekolah dan rumahnya. Sehingga santunan yang diberikan memang tepat sasaran. Mereka meluangkan waktu untuk mengunjunginya langsung disela-sela kesibukan memburu berita,” kata Kepala Biro Probolinggo Wartabromo.com ini.

Kegiatan positif ini, disambut baik oleh lembaga pendidikan yang anak didiknya mendapat santunan.

“Terima kasih kepada para wartawan yang telah menyantuni anak didik kami. Insyaallah santunan yang diberikan bermanfaat bagi mereka,” kata Martawi, kepala Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Hikam Desa Alassumur Lor, Kecamatan Besuk. (saw/saw)