585 Personel Polisi Amankan Pemilu 2019 di Kabupaten Pasuruan

0
233
AKBP Raydian Kokrosono saat memeriksa kendaraan untuk pengamanan Pemilu 2019.

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 585 Personel diterjunkan untuk mengamankan Pemilu 2019. Proses pengamanan dilakukan selama 397 hari, mulai Akhir September 2018.

Kapolres Pasuruan, AKBP Raydian Kokrosono mengatakan, seluruh personel tersebut disebar ke semua wilayah hukum Polres Pasuruan, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Tugasnya tak hanya mengamankan jalannya tahapan kegiatan saja, melainkan menjaga sarana dan prasarana publik yang berhubungan dengan kedua pesta demokrasi tersebut.

“Yang penting Kabupaten Pasuruan selalu dalam kondusif dan aman, kita siap untuk membantu masyarakat mengamankan jalannya Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” kata Raydian, Rabu (19/09/2018).

Dikatakan kemudian, Ratusan personel tersebut akan diterjunkan pada masa kampanye yang dimulai pada 23 September 2018-14 April 2018, sampai tahapan selesai dilaksanakan, tepatnya 21 Oktober 2019. Total selama 397 hari, polisi melaksanakan Operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Mantab Brata 2018”

Lebih lanjut Raydian mengatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan di semua wilayah hukum Polres Pasuruan. Meski begitu, dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan wilayah ini, Polres Pasuruan bersama TNI, Pemerintah daerah, para alim ulama, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

“Polri tidak bisa berdiri sendiri. Peran serta semua elemen itu sangat penting untuk sama-sama membantu mewujudkan wilayah yang aman, terutama menjamin penyelenggaraan pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai,” jelasnya.

Ditambahkannya, operasi mantab brata semeru 2018 diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif,yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif,  dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas tingkat pusat, daerah dan polres.

“Polri terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai,” pungkasnya. (mil/may)