Ratusan Burung Perkutut  Rebutkan Bupati Cup Pasuruan

0
277
Pembukaan lomba perkutut Bupati Cup 2018, Minggu (23/9/2018). (Foto : Akhmad Romadoni)

Raci (wartabromo.com) – Ratusan peserta ikuti kejuaraan Lomba Perkutut Bupati Cup VII Pasuruan di Lapangan Dirgantara TNI AU, Raci, Kabupaten Pasuruan, Minggu (23/9/2018). Peserta datang dari berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Sebanyak 700 lebih sangkar peserta lomba burung perkutut menghiasi langit angkasa Kabupaten Pasuruan. Tampak para juri sedang serius mengamati suara burung yang dipasang memanjang ini.

Ketua Pengda Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto mengatakan, event ini salah satu cara untuk melestarikan burung perkutut.

“Tujuan dari kegiatan ini, kita ingin melestarikan burung perkutut, karena burung perkutut sekarang sudah mulai punah,” ujar Hari.

Ratusan Burung Perkutut digantung berjajar untuk dinilai jufi pada Lomba Perkutut Bupati Cup 2018, Minggu (23/9/2018). (Foto : Akhmad Romadoni)

Dikatakan kemudian para peserta lomba tidak hanya berasal dari wilayah Jawa Timur, melainkan kota-kota besar di Pulau Jawa. Seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta dll.

” Lomba perkutut tahun depan dipastikan akan diselenggarakan dengan skala nasional dan dikemas lebih meriah,” tambahnya.

Lomba Perkutut Bupati Cup VII Pasuruan memiliki lima kategori yakni, Dewasa Senior, Dewasa Junior, Piyik Senior, Piyik Junior dan Hanging. Dari masing-masing kategori akan dipilih 30 peserta terbaik.

Adapun doorprise yang diberikan pada lomba yang menjadi bagian dari agenda Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ini adalah tiga unit sepeda motor, empat TV LED 32″, empat HP Android dan masih banyak lagi. (wil/**)