Tempat Pembuangan Limbah Logam di Beji Terbakar

0
321

Beji (wartabromo.com) – Tempat pembuangan limbah PT. IMLI di Cangkringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, terbakar, Minggu (23/9/2018). Peristiwa diduga akibat tersulut pembakaran sampah ini, dilaporkan tidak menimbulkan korban.

Dari berbagai keterangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu, api tiba-tiba membesar hingga mengagetkan sejumlah karyawan dan warga sekitar.

Api, sepertinya tidak dapat dikendalikan. Upaya penyemprotan apar (alat pemadam api ringan) pun tak bisa lagi dapat dilakukan, karena si jago merah terus mengamuk.

Hempasan angin kian memunculkan kekhawatiran. Tak menunggu lama, salah satu pegawai PT IMLI, langsung meminta bantuan PMK Kabupaten Pasuruan.

Tak berselang lama, mobil pemadam kebakaran (damkar) datang, hingga disusul sebuah mobil damkar lain dari PT Domusindo.

“Kami dikontak (laporan kebakaran) Pak Anton, lanjut meluncur dan langsung melakukan upaya pemadaman,” kata Ruspandi, kepala PMK Pasuruan.

Limbah berupa logam timah hingga tembaga itu, membuat api sulit dipadamkan. Meski demikian, petugas damkar dibantu karyawan IMLI, terus berupaya hingga api berangsur-angsur mulai dapat dijinakkan.

Dari pengakuan sejumlah karyawan, terbakarnya tempat pembuangan limbah logam ini, diperkirakan karena tersulut pembakaran sampah. Kencangnya angin, ditambah cuaca panas dimungkinkan api merembet dan membakar limbah.

Hingga warta ini disusun, petugas masih melakukan penyemprotan, untuk memastikan tidak ada lagi api yang muncul di tempat pembuangan limbah itu.

“Sementara penanganan pemadaman sudah dilakukan. Saat ini regu Pak Akhadun masih melakukan pembasahan,” pungkasnya.

Tidak ada laporan korban maupun kerugian dalam peristiwa ini. Beberapa sumber menyebutkan kebakaran ini, tidak sampai menghentikan proses produksi di perusahaan manufaktur timah hitam batangan di Beji ini. (ono/ono)