Sejarah Ranu Grati Akan Disuguhkan Dalam Kirab Budaya dan Operet Distrikan

2555

Grati (wartabromo.com) – Salah satu rangkaian acara yang akan menghibur masyarakat Grati dan sekitarnya dalam acara Distrikan adalah Kirab Budaya dan Operet Ranu Grati. Ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang sejarah lokal Grati.

Kirab budaya dan Operet, nantinya akan melibatkan beberapa perwakilan warga dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Grati.

“Ada lima desa inti yang terlibat langsung dengan legenda terjadinya Danau Ranu Grati,” terang Rahmad, Koor bidang Acara di Distrikan 2018.

Legenda Ranu Grati dikisahkan dari cerita rakyat Baru Klinthing yang tidak diharapkan kehadirannya oleh kedua orang tuanya karena berkepala manusia dan bertubuh ular naga. Baru Klinthing pun diburu warga untuk dijadikan lauk pauk selamatan desa karena saat itu terjadi musim paceklik.

Baca Juga :   Melihat Kartini Modern Bersih-bersih Gunung

“Kisah penyembelihan Baru Klinthing itulah yang dikenal sebagai legenda beberapa desa di sekitar Ranu Grati,” jelas Rahmad.

Dikatakan, tempat penyembelihan Baru Klinthing kini bernama Desa Mblerah. Setelah disembelih, sisiknya dibuang atau dikresek yang sekarang menjadi sebuah Desa Kresek. Setelah itu daging Baru Klinthing dipotong-potong menjadi 40 bagian, sehingga ada desa bernama Desa Petang Puluh. Sedangkan tempat pembakaran dagingnya atau tempat ‘nunu” bernama Desa Grati Tunon.

“Pemeran operet adalah warga Grati dari masing-masing kisah desa tersebut, dan nanti ada narratornya,” pungkasnya. (trp/may)