Dukung Jokowi-Ma’ruf, Bupati Probolinggo Enggan Masuk Timses

1094

Probolinggo (wartabromo.com) – Tim pemenangan duet Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) dalam Pilpres 2019, menunjuk sejumlah kepala daerah di Jawa Timur sebagai kordinator wilayah (korwil) tim kampanye daerah. Termasuk Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari dan Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko di Kabupaten Probolinggo.

Meski secara pribadi mendukung duet Jokowi-Ma’ruf, Bupati Tantri enggan masuk dalam jajaran timses. Sebab, Tantri merasa tak begitu nyaman disebut sebagai politisi. “Saya memilih untuk tidak jadi tokoh politik. Saya akan hibahkan tanggung jawab itu (korwil tim kampanye daerah, red) pada Wabup (Timbul Prihanjoko, red). Saya akan fokus pada pemerintahan,” ujarnya, Senin (1/10/2018).

Hibah tanggung-jawab itu, dilakukan agar dirinya fokus pada pemerintahan yang diakuinya lebih memerlukannya. Apalagi Wabup Timbul Prihanjoko merupakan ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo, yang notabene partai pengusung pasangan capres nomor urut 1 itu. Walau dirinya enggan masuk dalam timses, Tantri menegaskan tetap mendukung duet Jokowi-Ma’ruf secara moral. “Kan ada Pak Hasan juga,” tambahnya.

Baca Juga :   Polisi Cabuli Bocah Terancam Pecat

Hasan, yang dimaksud Tantri adalah Hasan Aminuddin yang merupakan suaminya. Saat ini, Hasan Aminuddin merupakan Ketua Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPP Partai NasDem, serta salah satu timses Jokowi-Ma’ruf di Jawa Timur. “Yang jelas saya ingin memberikan contoh yang baik, bagaimana berbeda itu tidak harus terpecah belah seperti banyak negara di Timur Tengah,” tandas ibu 3 anak itu.

Fokusnya Tantri di pemerintahan, diamini oleh Hasan Aminuddin. Ia menyatakan, urusan sosial, pengajian dan politik di Kabupaten Probolinggo merupakan tanggung jawab dirinya. Sementara urusan politik Pilpres 2019 dan dukungan untuk duet Jokowi- Ma’ruf menjadi tanggung jawabnya.

“Bu Tantri sebagaimana sudah diketahui, fokus dan wajib serius di pemerintahan, karena perintah ulama dan rakyat, ia cukup bergerak dari moral di batin. Urusan sosial dan gerakan politiknya cukup oleh Hasan Aminuddin saja,” tegas Mantan Bupati Probolinggo dua periode itu, saat ditemui di pendapa kabupaten Probolinggo.

Baca Juga :   Zohri Sebentar Lagi

Diketahui, dalam Pilbup lalu, duet P Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko diusung koalisi Partai NasDem, PDIP, Golkar, PPP dan Gerindra dalam Pilkada Serentak 2018. Pasangan dengan akronim HATI ini juga didukung Partai Hanura.

Kecuali Gerindra, parpol pengusung dan pendukung pasangan HATI merupakan pengusung duet Jokowi- Ma’ruf dalam Pilpres 2019. (cho/saw)