Jumlah Pelapor Kondite Pabrik Keramik Probolinggo Bertambah

0
2536

Probolinggo (wartabromo.com) – Kasus Kondite terhadap karyawan yang dilakukan oleh PT. Sumber Taman Keramik Industri (SKI) terus bergulir. Pada Senin (15/102018), sebanyak 8 karyawan tetap melapor pemotongan gaji karyawan itu, ke Mapolresta Probolinggo.

Mereka terdiri diri dari 5 wanita dan 3 pria, ke Satreskrim untuk melaporkan penyalahgunaan uang kondite. Sebab, selama ini penggunaan uang kondite tidak jelas larinya. Mereka merasa dirugikan, sebab uang itu berasal dari potongan gaji yang tak jelas. “Setiap kali gajian, ada saja pemotongan terkait kesalahan yang tak sewajarnya disanksi. Awalnya dulu pemotongan itu tidak begitu besar sekitar belasan ribu,” kata IN, salah satu karyawan.

Namun sejak beberapa tahun terakhir, potongan itu kian besar. Bahkan semakin tak terkendali, yaitu Rp 100.000 sampai Rp 500.000 per dua minggu. “Harapan kami dengan laporan ini pihak kepolisian bertindak, kami juga ingin tenang bekerja tidak dihantui oleh banyaknya potongan gaji tiap mau bayaran,” kata wanita yang sudah 33 tahun bekerja di SKI itu.

Sebelumnya, 2 mantan karyawan PT. Sumbertaman Keramik Industri (SKI), yakni Minati Daniswari (23) dan Sri Wahyuni (25), mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), pada Jumat (12/10/2018). Mereka meminta pihak kepolisian menyelidiki penggunaan uang kondite dari pemotongan gaji karyawan. “Kita masih belum bisa memberikan komentar banyak terkait laporan itu, nanti kami pelajari lebih lanjut,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP. Allfian Nurrizal. (fng/saw)