Kian Meluas, Kebakaran Hutan Arjuno Ancam Situs Purbakala

0
443
Api melahap sebagian hutan Gunung Arjuno.

Pasuruan (wartabromo.com) – Kebakaran hebat yang melanda kawasan Taman Hutan Raya R. Soerjo di pegunungan Arjuno, Kabupaten Pasuruan makin meluas. Situs purbakala di kawasan inipun terancam.

Sebelumnya, relawan bersama sejumlah survivor sempat berhasil memadamkan api, pada Senin (15/10/2018) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Sekitar sore kemarin hingga pagi ini, api yang merembet makin meluas,” terang Sudiono, salah seorang relawan.

Pria yang merupakan aktivis pencinta lingkungan Satu Daun ini juga mengungkapkan, bahwa belum ada bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Saat ini hanya ada sekitar 20 orang dari pihak Taman Hutan Raya (Tahura) dan relawan dari Komunitas pencinta alam Gapura yang turun ke lokasi.

Hingga saat ini, kebakaran lahan tersebut telah menyebabkan sekitar 500-700 hektar lahan yang ludes dilalap si jago merah.

Bahkan beberapa situs purbakala seperti Candi Sepilar, Candi Suci, dan Rencang Kencono turut terdampak akibat peristiwa ini.

Diduga, sumber api muncul dari balik bukit sehingga menyebabkan para relawan kesulitan dalam memadamkan api. “Jalur yang sangat curam menyebabkan kami kesulitan dan kiri kanan jalan banyak jurang, tutur Sudiono. (trp/ono)